Jokowi Tegaskan Misi Penyelamatan Philip di Papua Terus Dilakukan dengan Upaya Keras

Jokowi Tegaskan Misi Penyelamatan Philip di Papua Terus Dilakukan dengan Upaya Keras

SIASAT.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengkonfirmasi bahwa pemerintah terus berupaya keras menyelesaikan masalah penyanderaan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens di Papua.

Meski begitu, kata Jokowi, upaya penyelamatan Philip yang sedang dilakukan di lapangan tidak bisa diungkapkan kepada publik karena proses pembebasan pilot yang disandera masih berlangsung.

"Kita ini sudah berupaya dengan amat sangat, tetapi tidak bisa kita buka apa yang sudah kita upayakan, apa yang sudah kita kerjakan di lapangan,” kata Jokowi kepada wartawan usai menghadiri Papua Street Carnival di Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023).

Jokowi menjelaskan bahwa pada Kamis malam telah diadakan rapat terkait penyelesaian kasus penyanderaan pilot tersebut.

Baca Juga: Pernah Diusulkan Jokowi Dapat Bintang Mahaputra, Begini Respons Rocky Gerung

"Tidak bisa saya sampaikan isinya apa dan upayanya apa. Tetapi, pemerintah sudah berusaha keras untuk menyelesaikan persoalan itu dan masih dalam proses terus. Tetapi, ini tidak bisa kita buka pada publik,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, awak media bertanya kepada Presiden Jokowi tentang kunjungannya ke Australia dan Papua Niugini. Pertanyaan ini ditempatkan dalam konteks pandangan kedua negara tersebut terhadap kelompok-kelompok yang berlawanan.

"Saya sudah berbicara dari hati ke hati, informal, baik kepada Australia maupun kepada Papua Niugini. Kita harapkan dengan dua kunjungan yang telah kita lakukan itu bisa meredam konflik-konflik, keinginan-keinginan,” ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, pembicaraan semacam itu akan dilanjutkan, terutama dalam bidang ekonomi.

Baca Juga: Menegangkan! Nasib Pilot Susi Air Sempat Mengkhawatirkan, DPR: Yakin KKB Tak Berani Bahayakan Nyawa

"Baik kerja sama di bidang mining, baik di bidang industrial downstreaming, hilirisasi, yang akan kita jalin dengan baik, baik dengan Australia maupun Papua Niugini karena, apa pun, dua negara itu sangat berpengaruh di region kita,” jelasnya.

Upaya Pendekatan Persuasif

Terkait pembebasan pilot Susi Air, Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo mengatakan bahwa pihaknya masih berusaha melakukan pendekatan persuasif.

Upaya tersebut dilakukan oleh Penjabat Bupati Nduga Edison Nggwijangge dan tokoh masyarakat setempat.

Sumber: