Usai Berikan Sinyal Dukungan Ke Prabowo, Effendi Simbolon Dipanggil PDIP

Usai Berikan Sinyal Dukungan Ke Prabowo, Effendi Simbolon Dipanggil PDIP

SIASAT.CO.ID - Dewan Kehormatan PDIP akan segera memanggil kadernya di Komisi I DPR, Effendi Simbolon yang secara tegas memberi dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Dukungan itu disampaikan Effendi saat mengundang Prabowo di acara Rakernas Marga Simbolon di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Juli 2023.

"Ya, akan dilakukan segera mungkin [pemanggilan Effendi]," ucap Sekjen PDIP Hasto di rumah aspirasi relawan pemenangan Ganjar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Juli 2023.

Hasto mengatakan, Effendi akan dimintai klarifikasi oleh PDIP soal pernyataan maupun undangannya kepada Prabowo di acara itu. Menurutnya, upaya itu dilakukan agar semua kader displin dan tegak lurus terhadap keputusan partai yang sudah mencalonkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Baca Juga: https://siasat.co.id/politisi-pdip-sebut-prabowo-nahkoda-handal-dan-cocok-jadi-pemimpin-ri/

"Karena itulah Pak Komarudin Watubun selaku Ketua DPP Bidang Kehormatan juga akan melakukan klarifikasi, karena kami ini kan Partai Demokrasi Indonesia sehingga semuanya akan dilakukan klarifikasi partai agar disiplin partai ditegakkan," kata dia.

Hasto menegaskan, semua kader harus mengikuti keputusan yang telah diambil Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Oleh karena itu, disiplin partai merupakan hal yang mutlak bagi seorang kader.

"Kedisiplinan partai ini sesuatu yang sifatnya mutlak. Karena PDI Perjuangan adalah partai ideologi berdasarkan Pancasila dan keputusan sudah diambil sehingga seluruhnya wajib," ucapnya

Sebelumnya, Effendi sempat menyatakan keinginan agar Indonesia dinakhodai pemimpin yang andal. Ia menilai kriteria itu ada pada Prabowo Subianto.

Baca Juga: https://siasat.co.id/politisi-pdip-nilai-keakraban-jokowi-dan-prabowo-tak-ada-kaitannya-dengan-pilpres-2024/

"Saya pribadi, secara jujur berharap Indonesia dinakhodai pemimpin yang punya keandalan. Secara jujur dan objektif, saya melihat figur itu ada di Pak Prabowo," ujar Effendi usai mengantar Prabowo yang hadir dalam Rakernas.

Sumber: