Tips Memasak Beras Merah agar Tetap Pulen dan Nikmat

Tips Memasak Beras Merah agar Tetap Pulen dan Nikmat

Tips memasak nasi merah agak tetap pulang dan nikmat.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Mengonsumsi beras merah untuk hidup sehat seringkali dihadapkan pada masalah tekstur kering. Seorang petani wirausaha dan peneliti lulusan IPB, Prof. Dr. Ir. Ali Zum Mashar, memberikan tips memasak beras merah agar tetap pulen dan nikmat.

1. Cuci Beras Merah

Beras merah bisa dicuci terlebih dahulu untuk membersihkannya. Jika khawatir kotor, proses pencucian dapat dilakukan.

Proses perendaman selama 2-4 jam sebelum dimasak dianjurkan untuk memudahkan mekar dan mencegah tekstur keras. Namun, beras berkualitas tinggi mungkin tidak memerlukan perendaman ekstra.

2. Takaran yang Tepat

Untuk nasi merah bertekstur kenyal, gunakan perbandingan 1 cangkir beras merah (200 gram) dengan 2 1/2 gelas air (400-500 ml). Perbandingan ideal adalah sekitar 1:2. Jika ingin tekstur lebih lunak, tambahkan air dengan perbandingan 1:4.

BACA JUGA:Tips Bikin Teh Celup untuk Kesehatan Tubuh ala Petik Tea Bar

3. Proses Memasak

Tidak ada perbedaan signifikan dalam proses memasak nasi merah. Penggunaan rice cooker bisa membuat proses lebih ringkas.

Namun, jika memasak secara tradisional, biarkan beras merah didiamkan selama beberapa menit pada proses perebusan dengan menurunkan panas kompor untuk memastikan air meresap sempurna tanpa membuat teksturnya keras.

4. Sajikan Nasi Merah

Nasi merah yang sudah matang dapat disajikan dengan berbagai lauk atau pendamping sesuai selera. Dengan mengikuti tips ini, nasi merah tetap pulen, nikmat, dan mempertahankan nutrisinya.

Sumber: