MPR Sebut Persatuan Pemimpin Kunci Kekuatan Indonesia di Mata Dunia

MPR Sebut Persatuan Pemimpin Kunci Kekuatan Indonesia di Mata Dunia

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani menegaskan bahwa persatuan di antara para pemimpin merupakan fondasi untuk memperkuat posisi Indonesia di dunia.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani menegaskan bahwa persatuan di antara para pemimpin merupakan fondasi untuk memperkuat posisi Indonesia di dunia. Menurutnya, memperkuat rasa persatuan dan nasionalisme dengan mengesampingkan kepentingan pragmatisme sangatlah penting.

"Negeri ini akan bersatu jika para pemimpinnya bersatu," kata Muzani dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa (20/5). Dia menambahkan proses mencapai persatuan hingga duduk bersama bukanlah hal yang mudah karena melibatkan pengorbanan perasaan pribadi, ketersinggungan, dan agenda pribadi.

"Bahkan terkadang harus mengorbankan harga diri, dengan begitu kita bisa bersatu," ujarnya.

Muzani menyoroti semangat persatuan dan kesatuan yang kuat dari para pemimpin bangsa sejak zaman kemerdekaan hingga Orde Lama dan Orde Baru. Semangat tersebut, katanya, terbukti dari banyaknya upaya dari luar yang berusaha menggagalkan Indonesia menjadi negara merdeka dan mandiri.

Persatuan, menurutnya, adalah syarat mutlak bagi Indonesia untuk menjadi negara besar dan maju. Dengan persatuan dan kesatuan, Indonesia akan menjadi kuat dan dihormati di kancah internasional.

BACA JUGA:Gerindra Ungkap Pertemuan Prabowo dan Megawati Hanya Masalah Waktu

Muzani mengingatkan bahwa dunia saat ini tengah menghadapi situasi yang tidak menentu, seperti ancaman peperangan terbuka antara Ukraina dan Rusia, serta konflik yang semakin kuat antara Palestina dan Israel yang berdampak buruk pada kehidupan masyarakat Palestina.

Dia menegaskan bahwa ambisi dasar manusia untuk menguasai wilayah-wilayah yang lemah tetap ada. Namun, sebuah wilayah akan dihormati jika memiliki ekonomi, pertahanan, dan politik yang kuat.

"Keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila menjadi landasan kita dalam bernegara. Itulah sebabnya persatuan dan kesatuan adalah syarat dan kunci utama menuju pembangunan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," tandas Muzani.

Sumber: