Dari Turki Hingga Indonesia, Berikut Daftar Negara yang Rentan Terkena Gempa

Dari Turki Hingga Indonesia, Berikut Daftar Negara yang Rentan Terkena Gempa

SIASAT.CO.ID – Bencana alam gempa akhir-akhir ini sedang melanda dunia. Baru-baru ini, gempa berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang negara Turki.

Diketahui, bahwa gempa Turki terjadi pada Senin, 6 Februari 2023. UNICEF mengatakan bahwa gempa ini kemungkinan akan berdampak juga ke Suriah.

Dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki, sebanyak 5.606 bangunan yang terdeteksi runtuh.

Bernasib sama dengan Turki, Indonesia juga menjadi negara yang rentan terkena gempa.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Sampaikan Belasungkawa Atas Gempa Turki, Indonesia Segera Kirim Bantuan

Berikut Daftar Negara yang Rentan terkena Gempa

  1. Nepal
    Nepal menjadi salah satu negara yang rentan terkena gempa. Negara ini memiliki daerah yang sesmik paling aktif di dunia. Gunung-gunung yang ada merupakan konsekuensi dari lempeng tektonik India yang berada di Asia Tengah. Kedua lempeng tersebut bergerak sekitar 4-5cm per tahun.
  1. Jepang
    Jepang menjadi salah satu negara yang sangat rentan terkena gempa. Pasalnya, negara Matahari Terbit ini berda di dekat Cincin Api Pasifik. Dimana pergerakan dan tabrakan lempengan benua dan samudera berakibat bencana tersebut.
  2. China
    Terletak di atas lempeng Eurasia, sebagian lempeng India, dan sebagian kecil lempeng Laut Filipina,membuat China menjadi salah satu negara paling rentan terkena gempa. Bahkan dalam sejarahnya, China telah mengalami banyak bencana gempa bumi.
  1. Indonesia
    Indonesia menjadi salah satu negara yang rentan terkena gempa. Pasalnya, Indonesia berada di jalur pertemuan 3 lempeng tekntonik. Ketiga lempeng tektonik itu, yakni Indo Australia, Eurasia, dan Pasifik. Menurut BMKG, pertemuan lempeng tersebut berada di laut yang dapat menyebabkan tsunami apabila gempa bumi terjadi dengan intensitas besar di kedalaman dangkal.
  1. Iran
    Iran menjadi negara di urutan ke 3 dengan gempa bumi terbanyak. Terhitung sebanyak 106 kali gempa terjadi dari tahun 1900 hingga 2006. Hal ini tidak bisa dihindarkan, karena Iran berada di zona tumbukan lempeng berbeda dan berada di tempat pertemuan lempeng tektonik Eurasia dan Aram.
  1. Filipina
    Selain Jepang, Filipina juga negara yang terletak di Cincin Api Pasifik, sebuah wilayah di sepanjang besar tepi Samudra Pasifik yang memiliki banyak gunung aktif hingga sering terjadi gempa bumi.
  2. Turki
    Turki yang berada di atas salah satu tempat paling aktif secara seismic di dunia, emmbuat negara ini masuk ke daftar negara yang rentan terkena gempa.

Itulah ulasan mengenai daftar negara yang rentan terkena gempa.***

Sumber: