Waspada Iritasi Saat Pakai Softlens, Simak Cara Pemakaiannya yang Benar

Waspada Iritasi Saat Pakai Softlens, Simak Cara Pemakaiannya yang Benar

SIASAT.CO.ID - Softlens atau lensa kotak saat ini banyak digunakan. Softlens bisa jadi alternatif pengganti kacamata bagi yang hendak mencoba pengalaman baru melepas kaca mata.

Selain itu, adapula softlens yang digunakan untuk kecantikan dengan beragam warna sesuai keiginan pemakai.

Namun, saat pemakaian softlens perlu diperhatkan dengan benar. Pemakaian yang salah ataupun tidak bersih akan menyebabkan mata menjadi iritasi dan memerah.

Baca Juga: Erdogan Umumkan Tanggap Darurat Gempa Beberapa Provinsi di Turki

Padahal, mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Siasat.co telah merangkum cara pemakaian softlens yang benar agar mencegah iritasi. Berikut caranya:

  1. Mencuci tangan sebelum menggunakan softlens

Pastikan tangan anda bersih sebeum anda memasang softlens. Mencuci tangan dengan sabun dan mengeringkannya setelah dibilas, mengurangi kuman jahat yang ada di tangan.

Pasalnya, langsung memegang dan menggunakan softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berisiko memindahkan kuman penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens, lalu berakhir pada kedua mata Anda.

  1. Membuka softlens dari wadah dan membersihkannya

Meski dalam kondisi terendam saat disimpan, sebaiknya Anda membersihkan lagi saat akan menggunakannya. Barangkali, softlens yang berada dalam wadah tetap terpapar kuman.

Ambil softlens dari wadahnya menggunakan jari telunjuk, lalu bersihkan lensa kontak menggunakan cairan pembersih khusus lensa kontak, bukan air keran.

Baca Juga: Dongkol, Bunga Zainal Banding-Bandingkan Kelakuan YouTuber Sombong dengan Pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

  1. Pegang softlens dengan jari telunjuk

Gunakan jari telunjuk kanan untuk memasang soflens pada mata kiri, serta gunakan jari telunjuk kiri untuk memasang softlens pada mata kanan. Atau Anda dapat menyesuaikannya dengan jari yang paling nyaman digunakan.

Pastikan posisi softlens berbentuk ā€œUā€ sempurna seperti mangkuk. Hindari posisi softlens terbalik atau berbentuk setengah lingkaran sempurna.

Jika bagian dalam lensa kontak melipat ke luar, balik lensa kontak secara perlahan. Namun, apabila lensa kontak rusak, sebaiknya jangan menggunakannya.

  1. Pasang Softlens dengan Perlahan

Sambil menghadap ke cermin, buka, tarik, dan tahan bagian atas dan bawah kelopak mata secara bersamaan menggunakan jari tangan yang lainnya.

Sumber: