Indonesia Luncurkan Bantuan Untuk Korban Gempa di Turki, Jokowi: ‘Sedang Disiapkan Bantuannya’

Indonesia Luncurkan Bantuan Untuk Korban Gempa di Turki, Jokowi: ‘Sedang Disiapkan Bantuannya’

SIASAT.CO.ID – Pemerintah Indonesia akan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk membantu korban bencana gempa ke Turki.

“Sedang disiapkan bantuannya oleh Menteri Luar Negeri, Kemenhan dan juga oleh Kemensos. Baru disiapkan dan segera akan dikirim secepatnya, ini tadi pagi masih mencari pesawat,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 7 Februari 2023 dikutip dari Antara.

Pada waktu terpisah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan kemanusiaan ke Turki.

“Dulu Turki waktu kita ada tsunami di Aceh dia paling awal membantu. Oleh karena itu tadi juga dengan Presiden kita bicara-bicara dengan Pak Menhan Prabowo, kita akan segera mengirim misi bantuan ke Turki, ujar Wapres dikutip dari Antara.

Baca Juga: Update Terbaru, Ada 2 WNI Yang Menjadi Korban Dalam Gempa Magnitudo di Turki

Ma’ruf Amin mengatakan bantuan kemanusiaan ini merupakan bagian dari pada tanggung jawab internasional Indonesia. Dimana jika negara di dunia ini terjadi bencana, sudah semestinya negara lain harus saling membantu.

“Di dunia ini memang mesti saling membantu. Itu sudah menjadi tradisi kemanusiaan dan saya harap Baznas nanti juga bisa mengambil peran untuk itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, telah terjadi bencana gempa bumi di Turki berkekuatan magnitude 7,8 pada Senin 6 Februari 2023.

Berdasarkan informasi Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal Indonesia telah menyalurkan paket bantuan tahap satu pada setelah puncak gempa terjadi.

Baca Juga: Pidato Puncak Resepsi 1 Abad NU: Jokowi Sampaikan Permintaan Khusus ke Lembaga-lembaga Pendidikan NU

Paket bantuan tersebut berupa satu container bahan makanan.***

Sumber: