Polresta Tangerang Uji Coba ETLE Gunakan Drone

Polresta Tangerang Uji Coba ETLE Gunakan Drone

JAKARTA, SIASAT.CO.ID – Satlantas Polresta Tangerang sedang menguji coba tilang elektronik (ETLE) menggunakan drone.

Kompol Fikry Ardiansyah selaku Kepala Satlantas Polresta Tangerang, mengatakan Hal tersebut dilakukan guna menindaklanjuti Perintah Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo kepada Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kota Tangerang sendiri melakukan penerapan uji coba ETLE awal Januari 2023. Kali ini Satlantas Polresta Tangerang akan melakukan penindakan menggunakan drone Selasa, 7 Februari 2023.

Baca Juga: Jabawan KPK Terkait Tuntutan Periksa Kabareskrim di Kasus Ismail Bolong

“Hari ini dengan perintah atasan kita akan menguji coba tilang elektronik menggunakan drone di titik-titik rawan kecelakaan dan pelanggaran,” kata Kompol Fikry kepada wartawan.

Fikry menyebut, nantinya masyarakat yang kedapatan kamera drone telah melanggar akan dikonfirmasi melalui mekanisme ETLE sebagaimana tilang seperti biasanya. Namun, perbedaannya surat tilang akan langsung dikirim ke alamat pemilik kendaraan.

“Nanti foto pelanggar di kamera drone kita cetak, lalu dilampirkan juga surat tilang, dan kemudian kita kirim ke alamat berdasarkan identitas pengendara,” jelasnya.

Baca Juga: Ratusan Massa Aksi Geruduk KPK, Lapor dan Desak Usut Dugaan Suap Kabareskrim Agus Andrianto

Fikry mengungkap pihaknya memiliki 2 drone, yang akan dipergunakan di titik-titik rawan pelanggaran dan kecelakaan. Dan untuk ketahanan batre drone, kata dia sesuai spesifikasi yaitu 25 menit.

Kendati demikian, lanjutnya untuk antisipasi itu pihaknya telah menyiapkan beberapa baterai cadangan guna melakukan penindakan sepanjang hari.

“Kita sementara akan melakukan uji coba dulu, secepatnya akan kita laksanakan penerapan penindakan tilang elektronik (Etle) menggunakan drone ini,” tandasnya.

Perlu diketahui bahwa ETLE di kota Tangerang mulai diberlakukan pada awal Januari 2023. Dan akan mulai melakukan penindakan menggunakan drone pada, 7 Februari 2023.

Sumber: