Catat Jurusan Kuliah Yang Tidak Banyak Disesali Orang

Catat Jurusan Kuliah Yang Tidak Banyak Disesali Orang

SIASAT.CO.ID - Waktu pendaftaran perkuliahan semakin dekat. Banyak yang sudah berlomba-lomba menyiapkan kiat terbaiknya agar diterima di universitas dan jurusan pilihannya.

Banyak ujian seleksi mulai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 sampai Ujian Mandiri (UM) di kampus.

Kalian perlu merencanakan dengan matang, ingin mengambil jurusan apa dengan prospek yang bagus kedepannya. Salah satunya dengan melihat bakat dan minat kalian, juga melihat referensi jurusan-jurusan yang tidak disesali mahasiswa setelah lulus.

Layanan pencari kerja ZipRecruiter, telah melakukan survei kepada lebih dari 1.500 lulusan perguruan tinggi yang sedang mencari pekerjaan.

Hasilnya, sekitar 56% dari semua pencari kerja dengan gelar sarjana tidak menyesali jurusan yang telah dipilih. Sedangkan sisanya, menyesali jurusan mereka saat kuliah.

Berkaitan dengan Prospek Kerja
Kepala ekonom ZipRecruiter, Sinem Buber, menjelaskan beberapa mahasiswa yang lulus, menyesali jurusannya karena gajinya yang lebih rendah.

Kebanyakan dari mereka ingin mengambil jurusan lain jika mereka bisa mengulang masa kuliah.

"Lulusan yang menyesali jurusannya, sebagian besar mengatakan, jika mereka bisa kembali, mereka sekarang akan memilih ilmu komputer atau administrasi bisnis," ujar Buber.

Untuk jurusan-jurusan disesali menurut survei tersebut antara lain jurnalisme, sosiologi, seni, komunikasi, pendidikan, manajemen marketing & riset, pendamping medis, ilmu politik dan pemerintahan, biologi, dan sastra Inggris.

Sementara itu, untuk jurusan-jurusan yang tidak sesali oleh mahasiswa setelah lulus adalah sebagai berikut.

10 Jurusan yang Tidak Disesali Setelah Lulus Menurut ZipRecruiter:

  1. Ilmu Komputer (72%)
  2. Kriminologi (72%)
  3. Teknik (71%)
  4. Keperawatan (69%)
  5. Kesehatan (67%)
  6. Administrasi Bisnis & Manajemen (66%)
  7. Keuangan (66%)
  8. Psikologi (65%)
  9. Konstruksi / Perdagangan (65%)
  10. Manajemen Sumber Daya Manusia (58%)

Itulah daftar jurusan kuliah yang dinilai tidak disesali oleh mahasiswa setelah lulus karena prospek kerja yang lebih baik dan gaji yang memadai.

Sumber: