Pemerintah Indonesia Siapkan 3 Tahap Bantuan untuk Turki dan Suriah

Pemerintah Indonesia Siapkan 3 Tahap Bantuan untuk Turki dan Suriah

SIASAT.CO.ID - Saat ini pemerintah Indonesia sedang menyiapkan tiga tahap pengiriman bantuan ke Turki dan Suriah. Bantuan tersebut mencakup logistik, personel penyelamatan, hingga medis untuk membantu penanganan pasca-bencana gempa bumi.

“Masifnya bencana gempa ini mendorong pemerintah Turki meminta bantuan dari negara-negara sahabat, salah satunya Indonesia. Turki menyampaikan permohonan bantuan Emergency Medical Team atau EMT, Middle Urban Search and Rescue Team atau MUSAR, dan Heavy Urban Search and Rescue Team atau HUSAR melalui nota diplomatik kepada pemerintah Indonesia,” tutur Menko PMK Muhadjir Effendi di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (11/2/2023).

Menanggapi permintaan tersebut, lanjut Muhadjir, Presiden Jokowi segera memerintahkan para jajarannya untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak, mengingat hubungan diplomatik Indonesia dan Turki yang sudah berlangsung sedemikian lama.

“Bantuan tahap pertama yaitu Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR) team, Basarnas sebanyak 47 personil beserta peralatan lengkap yang didampingi oleh tim BNPB yang diberangkatkan hari ini tanggal 11 Februari 2023. Pemberangkatan Tim MUSAR menjadi prioritas mengingat pentingnya pencarian dan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan bangunan selama masa kritis,” ujarnya.

Baca Juga: Siapa Frank Hoogerbeets Yang Prediksi Gempa Turki Terjadi 3 Hari Sebelumnya

Bantuan tahap kedua yang rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 13 Februari 2023, terdiri dari EMT sebanyak 105 personil, lengkap dengan obat-obatan hingga peralatan rumah sakit lapangan untuk melakukan operasi darurat di lokasi. Tim tersebut merupakan gabungan dari Kemenkes, TNI Polri dan organisasi masyarakat.

“Bantuan tahap ketiga berupa logistik dan peralatan serta bantuan lainnya masing-masing untuk Turki dan Suriah,” tutur Muhadjir.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia beberapa hari belakangan telah mengirimkan bantuan logistik hingga tim Urban Search and Rescue (USAR) ke Turki untuk penanganan pasca bencana gempa yang melanda negeri tersebut.

Sumber: