Mengenal Triops Cancriformis, Salah Satu Hewan yang Paling Lama Hidup di Bumi

Mengenal Triops Cancriformis, Salah Satu Hewan yang Paling Lama Hidup di Bumi

SIASAT.CO.ID - Dinosaurus, diketahui telah lama punah dari planet ini, dan diyakini para ilmuan bahwa buaya menjadi hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Namun, ada sebuah penelitian yang mengungkap hewan yang paling lama berada di Bumi.

Bumi yang kita tempati selalu selalalu mengalani perubahan dari masa ke masa.

Namun, di tengah perubahan dunia yang terus-menerus, ternyata ada hewan yang hidup paling lama di dunia. Hewan itu bernama Triops cancriformis.

Dilansir dari Live Science, Rekor Dunia Guinness pada November 2010 menobatkan 'makhluk hidup tertua' pada Triops cancriformis, atau udang kecebong.

Baca Juga: Bakso Komplit Under Rp10 Ribu di Jogja, Hanya Bisa Kamu Temui Saat Malam Hari

Pendapat ini didasarkan pada fosil yang menunjukkan bahwa krustasea seperti udang lapis baja telah ada sejak periode Trias yakni 251,9 juta hingga 201,3 juta tahun lalu.

Udang kecebong memiliki tubuh yang mirip sekop, bentuk adaptasi hewan ini memungkinkan mereka menggali dasar kolam sementara untuk mereka tinggali.

Kendati spesies hewan ini tampak sama seperti biasanya, namun berdasarkan studi DNA yang dipublikasikan sejak tahun 2010 menunjukkan bahwa udang kecebong tidak pernah berhenti berevolusi di bawah pelindungnya.

Hal ini pun disimpulkan bahwa mereka menciptakan perbedaan antar spesies sepanjang waktu yang tidak selalu dapat dilihat oleh mata manusia.

Baca Juga: BMKG: Siklon Tropis Freddy Terjang Sebagian Wilayah Indonesia

Udang kecebong Triops cancriformis hanyalah keturunan nenek moyang yang hidup di zaman Trian yang tampak serupa dan sebenarnya berusia tidak lebih dari 25 juta tahun. Hal itu diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 di jurnal PeerJ.

Dalam studi lain tentang hewan yang paling lama ada di Bumi, para peneliti menemukan bahwa mungkin udang kecebong berusia 2,6 juta tahun, dicatat dalam jurnal PLOS One yang diterbitkan pada tahun 2012.

Sumber: