Bansos BPNT Cair Februari, Berikut Syarat Dan Cara Mendapatkannya

Bansos BPNT Cair Februari, Berikut Syarat Dan Cara Mendapatkannya

JAKARTA, SIASAT.CO.ID – Pemerintahan melalui Kementrian Sosial (Kemensos) memberikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) imbas dari kenaikan harga BBM.

Sasaran dari bansos tersebut yaitu masyarakat miskin ataupun rentan miskin. BPNT 2023 disalurkan melalui Pos Indonesia.

Oleh sebab itu, Anda perlu datang langsung ke Kantor Pos dengan membawa KTP dan sebuah dokumen agar dapat melakukan pencairan dana dari pemerintah tersebut.

Adapun dana yang disalurkan sebesar Rp 12,4 triliun kepada 20,65 juta penerima BLT BBM tahun 2022. Sementara besaran dana BPNT yakni Rp 18,8 triliun pada tahun 2022 ini akan disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Tahun ini Pemerintah Bakal Tarik Utang Rp 696,4 T, Didominasi Surat Berharga Negara

Merujuk pada data, ternyata penyaluran BLT BBM dan BPNT ini tidak terealisasi mencapai 100 persen. Masih ada 2.154 penerima di Bengkulu salah satunya yang belum mencairkan.

Informasi pencairan BLT BBM dan BPNT pada tanggal 10 Februari 2023 ini, setelah adanya surat dari Kementerian Sosial kepada kepala daerah dan kepala Dinas Sosial. Sehingga, dikabarkan bansos BPNT dan BLT BBM akan resmi cair dalam waktu dekat.

Besaran bansos Kemensos yang diterima cukup lumayan, yakni bansos BPNT sebesar Rp 600 ribu untuk periode pencairan tiga bulanan, sementara bansos BLT BBM sebesar Rp 300 ribu untuk periode pencairan dua bulanan.

Sehingga jika ditotal penerima akan mendapatkan uang dari pemerintah senilai Rp 900 ribu sekaligus yang diambil melalui Kantor Pos.

Baca Juga: Begini Syarat Ajukan KUR Mandiri 2023, Raih Pinjaman hingga Rp 500 juta

Terdapat beberapa syarat umum sebagai penerima bansos BPNT, di antaranya yaitu:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Termasuk golongan keluarga miskin atau rentan miskin

3. Bukan merupakan bagian dari ASN, TNI dan Polri

Sumber: