PPP Coba PDKT dengan Sandiaga Uno, Awas Dia Cuma Tunduk Pada Prabowo!

PPP Coba PDKT dengan Sandiaga Uno, Awas Dia Cuma Tunduk Pada Prabowo!

SIASAT.CO.ID - Sosok Sandiaga Uno saat ini menjadi buah bibir, usai dirinya disebut didekati Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kabar tersebut beredar usai wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menghadiri acara hari lahir (Harlah) ke 50 PPP di ICE BSD, Tangerang, 13 Februari 2023.

Banyak yang menilai usaha PPP mendekati Sandiaga Uno merupakan hal yang tepat.

Melansir lembaga Litbang Kompas, elektabilitas partai berlambang Ka'bah hanya memiliki elektabilitas 2,3 persen.

Sosok Sandiaga dianggap memiliki daya logistik yang bisa membantu PPP mengahadapi pemilu 2024.

"PPP tidak memiliki tokoh yang bisa dijadikan bergaining untuk ke calon mitra koalisi," ujar Dedi peneliti Litbang Kompas, dilansir dari YouTube Cerdas Politik.

Beda hal dengan Litbang Kompas, pengamat Aljabar Strategic menyarankan PPP tidak lagi berharap pada sosok Sandiaga Uno untuk bergabung bersama.

Arifki Chaniago selaku Direktur Aljabar Strategic berpendapat Sandi Jelas tak akan meninggalkan Gerindra, karena cuma tunduk ke Prabowo.

Lebih lanjut ia menyarankan PPP berhenti saja lakukan pendekatan (PDKT).

"Pendekatan PPP kepada Sandiaga Uno sia-sia karena ia cuma tunduk pada Prabowo," ujar Chaniago dalam keterangan ke awal media.

Untuk itu menurutnya usaha PPP memperkenalkan Sandiaga Uno tidak akan berguna secara signifikan. "Tidak ada kode apapun yang mengatakan Sandiaga bergabung," terangnya.

Dalam sebuah penelitian Suuk Cost and Political Decision Making, hal tersebut bisa saja terjadi di politik, karena begitu kompleks dan berkelindangnya informasi politik.

Sehingga kalkulasi informasi rasional sulit dilakukan.

Kalaupun PPP terlihat ingin menggabungkan sosok Sandi sebagai Capres, itu hanya sebagai rayuan agar ia mau berlabuh ke partai Ka'bah.

Sumber: