Keren! Temukan Bug Berbahaya di Google, Pria Ini Dapat Puluhan Juta dari Google

Keren! Temukan Bug Berbahaya di Google, Pria Ini Dapat Puluhan Juta dari Google

SIASAT.CO.ID - Prestasi membanggakan ditorehkan oleh pria Indonesia yang telah menemukan bug berbahaya didalam situs google.

Pria tersebut merupakan Mudzakir, Siswa kelas XII SMKN 8 Kota Semarang. Atas keahlian yang dimiliki, ia mendapatkan apresiasi hadiah 75 juta dari google.

"Ini semacam sayembara menemukan bug di Google, beberapa perusahaan memang ada sayembara menemukan bug dan yang berhasil diberikan hadiah. Alhamdulillah saya berhasil setelah mencoba beberapa kali," kata remaja yang akrab disapa Dzakir dilansir dari kanal YouTube Kompas TV.

Berkat prestasi yang didapatkan Mudzakir mendapatkan Google Bug Hunters. Artinya, kehebatan Mudzakir telah diakui oleh perusahaan teknologi terbesar se-dunia itu.

bahkan sudah lima kali mengikuti sayembara bug hunting di Google dan namun beberapa kali juga ditolak. Penemuannya yang sukses ini pun sempat memantik perdebatan.

"Terus akhirnya kita report ke Google. Tapi, awalnya Google menolak dan bilang kalau itu enggak valid, terus kita adu argumen begitu, kan. Akhirnya kita menang, terus kita dikasih 5.000 dolar sama Hall of Fame buat apresiasi," ucapnya.

Lebih lanjut Mudzakir menuturkan butuh waktu hingga beberapa Minggu untuk meyakinkan google terhadap apa yang telah menjadi penemuannya tersebut.

"Jadi waktu menemukan bug itu di tahun 2020 akhir, cuma diterimanya pas 2021 dan katanya, bug saya jadi yang terbaik saat itu," ungkap Dzakir.

Kini atas keahliannya, Mudzakir telah bekerja di sebuah perusahaan pelayanan informasi jaringan di Jakarta. Bahkan ia digaji hingga 10 juta per-bulannya.

Mudzakir juga berpesan, untuk siapapun yang menekuni bidang hacker agar menahan diri dari tindak kejahatan. Seperti membobol rekening ataupun data pribadi. Ia menyebut hacker hitam.

"Untuk saya sih cukup menjadi hacker putih," ujarnya.

Sumber: