Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 2023, Penentuan Awal Puasa Menurut Pemerintah

Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 2023, Penentuan Awal Puasa Menurut Pemerintah

SIASAT.CO.ID - Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Namun untuk penentuan awal Ramadhan, pemerintah biasanya akan melakukan sidang Isbat. Lantas, kapan sidang Isbat 2023?

Untuk mengetahui jadwal kapan sidang Isbat 2023, simak ulasannya berikut ini.

Diketahui, Pemerintah melalui Kemenag (Kementerian Agama) biasanya rutin menggelar sidang isbat untuk menengahi adanya perbedaan penetapan awal Ramadhan dikalangan umat Muslim Indonesia.

Seperti biasa, tahun ini sidang Isbat akan digelar pada akhir bulan Syaban 1444 H. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib mengatakan, tanggal tersebut bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023.

"Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023," katanya, di Jakarta, Rabu 8 Maret 2023.

Dalam penentuan awal Ramadhan 2023 ini, Kemenag akan menggelar muktamar secara hybrid. Nantinya, masyarakat juga dapat menyaksikan pengumuman hasil Sidang Isbat awal puasa ini melalui platform daring atau media mainstream lainnya.

"Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadan tahun ini masih digelar secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring," ujar dia.

Pelaksanaan sidang hybrid juga didasari oleh pertimbangan kapasitas ruangan yang terbatas untuk menggelar seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H.

Sementara, mengenai pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H akan dilakukan secara luring setelah sholat magrib.

"Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum," ujarnya.

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 123 lokasi di seluruh Indonesia.

Itulah informasi kapan sidang isbat 2023 dilakukan Kemenag untuk menentukan awal Ramadhan 1444 H. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga ibadah puasa kita di tahun ini dan tahun-tahun yang akan diberi kelancaran juga kemudahan. Amiin.

Sumber: