Gawat! Israel Ancam akan Serang Iran Jika Tingkat Pengayaan Uranium Melebihi 60%

Gawat! Israel Ancam akan Serang Iran Jika Tingkat Pengayaan Uranium Melebihi 60%

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Israel dilaporkan memberikan ultimatum kepada Iran jika negeri para Mullah tersebut melebihi pengayaan uranium hingga 60%. Hal tersebut disampaikan di hadapan sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat.

Mengutip pejabat senior Israel, media AS melaporkan pada Rabu (22/3/2023) bahwa Israel tidak ingin menetapkan pengayaan 90% sebagai "garis merah" karena Iran mungkin mulai memperkaya dan menimbun uranium pada tingkat yang sedikit di bawah yang diperlukan untuk memproduksi senjata nuklir.

"Orang-orang Iran benar-benar menginternalisasi posisi kami dan mereka tahu apa garis (merah) kami," ungkap pejabat itu, seperti dikutip outlet tersebut.

Dilaporkan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu meminta Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin untuk mempercepat pengiriman pesawat pengisian bahan bakar Boeing KC-46 dan pesawat angkut militer strategis, yang dibeli Tel Aviv tahun lalu, untuk mempersiapkan kemungkinan aksi militer terhadap Iran.

Baca Juga: Heboh! Donald Trump Terancam Masuk Bui

Israel ingin menerima setidaknya satu pesawat pada akhir tahun 2024; namun, Austin dilaporkan memberi tahu Netanyahu bahwa akan sulit bagi Washington mempercepat pengiriman karena kebutuhan militer AS.

Sebagaimana diketahui, Israel telah berulang kali menyuarakan keprihatinan tentang setiap dan semua uranium yang diperkaya yang dimiliki Iran. Rezim Zionis itu juga membunyikan alarm bahwa Teheran berada di ambang untuk mencapai uranium tingkat senjata.

Sumber: