Tegas, Ganjar Pranowo Tolak Kehadiran Timnas Israel di Ajang Piala Dunia U-20

Tegas, Ganjar Pranowo Tolak Kehadiran Timnas Israel di Ajang Piala Dunia U-20

SIASAT.CO.ID –Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menolak keikutsertaan Timnas Israel pada perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Menurutnya, hal ini sesuai dengan amanat Bung Karno dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Sebagai kader PDI Perjuangan, prinsip dan amanat Soekarno menjadi landasan dalam berpikir. Seperti diketahui, Bung Karno tegas dan konsisten menyuarakan kemerdekaan Palestina

“Sebagai kader PDI Perjuangan, saya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina yang telah disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan Conference of the New Emerging Forces,” katanya saat dikutip dari berbagai media, Kamis, 23 Maret 2023.

Ganjar menilai dukungan terhadap perjuangan Palestina harus diberikan lewat pernyataan sikap. Lagi pula Mantan Anggota Komisi II DPR RI itu melihat akhir-akhir ini Israel cendrung lebih mengedepankan pendekatan kekerasan terhadap Palestina.

Baca Juga: Pesan Tersirat Pemerintah RI Terkait Keikutsertaan Timnas Israel Pada Piala Dunia U 20

“Saya ikut mengamati aksi-aksi kekerasan yg cenderung meningkat di Palestina. Saya mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka. Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka,” ujar Ganjar.

Terkait dengan Piala Dunia U-20, Ganjar mengatakan sebagai tuan rumah, Indonesia diharapkan melanjutkan ajang tersebut tanpa kehadiran Timnas Israel. “Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel,” tegasnya.

Sebelumnya dirinya sudah berkomunikasi dengan PSSI dan beberapa menteri. Menurutnya, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini tetap bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Baca Juga: Waduh! Menteri Israel Sebut Palestina Tak Punya Sejarah dan Budaya

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” tandasnya.

Penyelenggaraan Piala Dunia Sepak bola FIFA U-20 Tahun 2023, direncanakan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Laga dunia ini akan diikuti oleh 24 Negara termasuk Israel.

Sumber: