Pemerintah China Larang Umat Muslim Puasa Jika Ketahuan Ditangkap

Pemerintah China Larang Umat Muslim Puasa Jika Ketahuan Ditangkap

SIASAT.CO.ID - Penindasan agama terus dilakukan Pemerintah China kepada warga Muslim.

Dibulan Ramadan, Pemerintah China melarang orang yang beragama Islam untuk puasa.

"China meningkatkan larangan dan pengawasan menjelang bulan Ramadan. Keyakinan Muslim telah sangat dipolitisasi. Pengawasan terlalu ketat ini justru menyebabkan perlawanan yang makin tajam," kata Dilxat Raxit, juru bicara kelompok gerakan kemerdekaan Uighur di luar negeri, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Senin 27 Maret 2023.

Tak hanya itu menurut situs pemerintah Tiongkok, restoran halal di Jinghe County, dekat perbatasan Kazakhstan, diharuskan tetap buka selama jam-jam puasa di bulan Ramadan oleh pejabat keamanan pangan setempat.

Sementara itu kelompok HAM mengatakan sekitar 11,4 juta Muslim Hui, juga berada dalam bahaya di bawah peraturan Partai Komunis China.

Berdasarkan laporan koalisi HAM, termasuk Jaringan Pembela HAM China, Muslim Hui diidentifikasi oleh Beijing sebagai ancaman yang akan diselesaikan dengan asimilasi paksa.

Laporan itu mengatakan, hal ini sangat kontras dengan kebebasan relatif yang mereka nikmati sebelum Presiden China, Xi Jinping meluncurkan peraturan yang memaksa Muslim, orang Kristen dan Buddha untuk tunduk pada kontrol partai.

Selain itu, juga penyensoran kehidupan beragama mereka di bawah program “sinisasi”.

Bukan cuma itu, perempuan minoritas bahkan dilaporkan mengalami perkosaan, pelecehan seksual, dan sterilisasi paksa di kamp-kamp tersebut.

Orang Hui juga dipaksa tunduk pada pembatasan yang bertujuan menghilangkan 'tanda-tanda ekstremisme' dan pengawasan yang mengganggu kehidupan publik dan pribadi," demikian kutipan laporan tersebut.

Sumber: