5 Rekomendasi yang Bermanfaat Dilakukan Menjelang Berbuka Puasa Ramadhan 2023

5 Rekomendasi yang Bermanfaat Dilakukan Menjelang Berbuka Puasa Ramadhan 2023

SIASAT.CO.ID - Berbuka puasa adalah waktu yang sangat dinantikan, setelah 13 jam menjalankan ibadah puasa. Untuk mengisi waktu menjelang berbuka dengan istilah lain ngabuburit, banyak hal bermanfaat yang dapat dilakukan oleh sobat siasat.

Apa saja kegiatan seru yang dapat dilakukan saat menunggu buka puasa? Yuk, intip 5 rekomendasi menunggu berbuka puasa ramadhan 2023 yang telah Siasat.co.id himpun berikut ini!

Membaca Buku
untuk kamu yang gemar membaca buku, silahkan memanfaatkan waktu dengan membaca buku favoritmu seperti Novel, Cerpen, buku pengetahuan dan buku lainnya. Terlebih dalam suasana ibadah maka sobat siasat dapat membaca buku yang bertema agama.

Selain seru, dengan membaca buku akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Karena buku adalah jendela dunia. Semakin banyak yang dibaca, semakin luas pula dunia yang terlihat. So, agar waktu ngabuburit terasa lebih cepat maka sobat bisa melakukan hal ini.

Membaca Al-Quran


Sama seperti poin sebelumnya, kegiatan membaca Al-Quran dapat membantu menyempurnakan ibadah puasa. Membaca Al-Quran dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang, dan penuh dengan keberkahan.

Selain itu, membaca Al-Quran adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Ketika memasuki bulan Ramadhan, karena akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Menonton Ceramah atau Kajian Islam
Lakukanlah kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas ibadah seperti

mendengarkan ceramah atau kajian Islam dari ustad favorit sobat siasat. Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, sobat bisa mendengarkan lewat Televisi, hanphone, radio, dan lain-lain.

Terlebih apabila banyak hal yang dapat diamalkan, tentu akan bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitar. Diantara manfaatnya ialah dapat mengasah daya ingat dan konsentrasi, menenangkan jiwa, sebagai sarana untuk selalu melaksanakan nasihat kebijakan, menambah keilmuan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Diskusi Bersama keluarga


Sambil menunggu waktu berbuka puasa, sobat Siasat bisa melakukan diskusi ringan dengan keluarga. Karena diskusi di dalam keluarga sangatlah penting untuk tetap membangun keharmonisan dalam keluarga.

Terlebih dalam suasana bulan Ramadhan dimana momen itu sangat tepat untuk mendekatkan diri dengan keluarga. Pasalnya, akan lebih banyak waktu di rumah saat bulan Ramadahan dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Menyiapkan menu buka puasa


Dengan menyiapkan menu buka puasa di rumah akan lebih hemat dan juga sehat. Selain itu, bagi sobat siasat pecinta kuliner, ini saatnya sobat mencoba memasak di rumah dengan ide dan kreatifitas dan sesuai selera tentunya.

Selain itu, dengan kesibukan memasak membuat sobat tidak terlalu fokus pada rasa lapar saat jam-jam terakhir menjelang waktu berbuka.

Sumber: