Indonesia Lirik Peluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Indonesia Lirik Peluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

SIASAT.CO.ID - FIFA mencoret Peru sebagai tuan rumah gelaran turnamen Piala Dunia U-17 yang rencananya akan diadakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Indonesia pun melirik peluang menjadi tuan rumah menggantikan Peru.

Ini adalah kali kedua di mana ajang tahunan FIFA batal diselenggarakan di negara yang sudah ditunjuk jauh-jauh hari, setelah sebelumnya Indonesia juga dipastikan gagal menjadi tuan rumah gelaran turnamen Piala Dunia U-20.

Mengutip laman resmi FIFA tentang keputusan mencoret Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, alasan pembangunan dan pengerjaan infrastruktur menjadi poin utama mengapa Peru dianggap belum memenuhi syarat untuk menggelar turnamen tahunan tersebut.

"…telah ditentukan bahwa saat ini tidak ada waktu yang cukup untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan pemerintah Peru menjelang tanggal dimulainya turnamen," tulis FIFA dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal di Gelar di Indonesia, Ini Sebab-Sebab Politis yang Melatarinya

Poin lainnya adalah mengenai cuaca di Peru yang berpotensi mengganggu jalannya gelaran turnamen yang akan datang tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan sebagaimana pada poin kedua pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh Federasi Sepakbola Peru (FPF).

"…keputusan tersebut juga diambil dengan mempertimbangkan peristiwa cuaca baru-baru ini di Peru yang telah menyebabkan kerusakan dan meninggalkan banyak keluarga yang terkena dampak yang menjadi solidaritas FPF."

Beda pernyataan FIFA dalam keputusan mencoret Peru dan Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-17 dan U-20 2023.

Baca Juga: Ade Armando Sebut Ganjar Dijebak PDIP Usai Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Hasto: Ade Tidak Rasional

FIFA menyebut bahwa alasan infrastruktur menjadi poin utama mengapa Peru belum mampu menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia U-17.

Estimasi pembangunan dan pengerjaan infrastruktur di negara itu belum rampung namun sudah mendekati tanggal bergulirnya turnamen piala dunia.

Faktor cuaca juga menjadi poin pendukung FIFA mengambil keputusan untuk membatalkan turnamen tersebut dilaksanakan di Peru.

FIFA pun mengucapkan rasa terima kasih kepada Peru karena sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang terhalang oleh permasalahan terkait infrastruktur dan cuaca.

Sumber: