3 Amalan yang Dilakukan Saat Pagi Menjelang Siang Hari, untuk Menambah Pahala Puasa Ramadhan

3 Amalan yang Dilakukan Saat Pagi Menjelang Siang Hari, untuk Menambah Pahala Puasa Ramadhan

4 Amalan Sunnah Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadhan yang Pahalanya Sungguh Luar Biasa
3 Amalan di Bulan Ramadhan Dilakukan Pada Pagi hingga Siang Hari. (Foto: muslimaid.org).

SIASAT.CO.ID - Umat Islam saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa Amalan sunnah yang perlu diketahui untuk mendapatkan pahala lebih di bulan suci Ramadhan.

Berikut ini akan dijelaskan Amalan sunnah yang perlu diketahui pada pagi menjelang siang dilakukan selama melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Ada 3 Amalan yang bisa kita lakukan di pagi hingga menjelang siang hari, selama bulan puasa Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk menambah pahala.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sesuai Ajaran Rasulullah SAW Lengkap dengan 4 Keutamaannya

Berikut ini adalah 3 amalan tersebut.

  1. Membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an merupakan kitab suci yang apabila kita mengamalkannya akan banyak kebaikan yang diberikan di dalamnya.

Nabi SAW menuturkan, "Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan sama dengan sepuluh pahala. Aku tidak memaksudkan Alif, Lam, Mim satu huruf. melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR Darimi & Tirmidzi).

  1. Memperbanyak Tahlil

Selain Al-Qur'an kita juga dianjurkan untuk memperbanyak Tahlil terlebih selama bulan suci Ramadhan ini.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, "Barang siapa yang mengucapkan, "Laa ilaha illa allahu, wahdahu laa syarika lahu, lahu al-almulku wa lahu al- hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir" sebanyak 100 kali dalam sehari, maka ia seperti memerdekakan 10 budak, dituliskan untuknya 100 kebaikan, dihapuskan untuknya 100 dosa, ia mendapatkan benteng dari setan pada hari tersebut hingga sore hari, dan tidak ada satu pun yang melakukan hal yang lebih baik dari dirinya melainkan orang yang mengamalkan (ucapan tersebut) lebih banyak darinya." (HR Bukhari & Muslim).

Baca Juga: Doa Tentara Muslim Ukraina di Bulan Ramadhan: Semoga Allah Melindungi Ukraina

  1. Mengucapkan Tasbih, Tahmid, dan Takbir

Amalan selanjutnya yang bisa kamu amalkan di pagi hingga siang hari selama bulan puasa Ramadhan adalah Mengucapkan Tasbih, Tahmid, dan Takbir.

Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa yang bertasbih kepada Allah sebanyak 33 kali, bertahmid kepada Allah sebanyak 33 kali, dan bertakbir kepada Allah sebanyak 33 kali; maka semuanya berjumlah 99."

Lalu beliau berkata lagi, "Dan ke-100 nya mengucapkan, "Laa ilaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu, lahu al-mulku wa lahu al- hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir (Tiada sesembahan melainkan Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian; danmakab adalah Dzat yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu)", maka diampuni kesalahan-kesalahannya walaupun sebanyak buih yang ada di lautan." (HR Muslim, Abu Dawud & Ahmad).

Sumber: