Netanyahu Pecat Menhan Israel, Kubu Oposisi: Saya Semakin Khawatir

Netanyahu Pecat Menhan Israel, Kubu Oposisi: Saya Semakin Khawatir

SIASAT.CO.ID -- The Times of Israel melaporkan Pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, melontarkan kekhawatiran usai bertemu dengan Netanyahu untuk membahas keamanan negara.

Ketakutan diduga karena negaranya diserang dari berbagai kubu dan arah, sementara di waktu yang sama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu baru saja memecat menteri pertahanan.

"Saya tiba di tempat pertemuan dengan Netanyahu dengan khawatir. Ketika saya pergi, saya semakin khawatir," ucap Lapid usai bertemu dengan Netanyahu pada Minggu, 9 April 2023.

Netanyahu memang mengumumkan pemecatan Menteri Pertahanan Yoav Gallant bulan lalu, setelah pejabat itu menyerukan penundaan pembahasan perombakan sistem peradilan yang memicu gelombang demonstrasi di Israel.

Baca Juga: Indonesia Tagih Langkah Nyata PBB Soal Aksi Kekerasan Israel di Al Aqsa

Meski demikian, Gallant belum dipecat secara formal dan kini masih menempati jabatannya. Lapid pun mendesak Netanyahu agar mencabut keputusannya untuk memecat Gallant.

"Saya mengatakan kepada Netanyahu, Israel membutuhkan menhan tetap," tutur Lapid.

"Dia harus mengumumkan dia tak jadi memecat Menteri Pertahanan Yoav Gallant, mengakui dia tak bisa mengandalkan kabinetnya untuk membentuk kestabilan keamanan dalam menangani situasi ini."

Lapid mengutarakan kekhawatirannya ini usai Israel diserang dari tiga sisi, yaitu Jalur Gaza, Suriah, dan Libanon.

Kubu-kubu dari tiga wilayah itu menembakkan roket ke arah Israel setelah polisi Negeri Zionis itu menyerang Muslim di Masjid Al Aqsa pada pekan lalu.

Dalam pertemuan dengan Netanyahu ini, Lapid juga menuntut sang PM untuk mencabut kewenangan Menteri Keamanan Nasional, Itamar Ben Gvir, untuk menangani kasus di Masjid Al Aqsa.

Baca Juga: LSI: Soal Tren Kepercayaan Publik, Polri dan KPK terendah di antara empat LPH

"Kita tidak bisa mengirimkan badut TikTok yang sudah kehilangan kepercayaan rakyat, kepolisian, dan pasukan di lapangan, untuk mengatur semuanya," ucap Lapid.

Ia lantas menegaskan hulu dari semua permasalahan keamanan Israel saat ini sebenarnya adalah ketidakstabilan dan kekacauan pemerintahan Netanyahu.

Sumber: