Gawat! Israel dikeroyok Proksi Iran Usai Insiden Al Aqsa.

Gawat! Israel dikeroyok Proksi Iran Usai Insiden Al Aqsa.

Brutal! Polisi Israel Serang Puluhan Jemaah Masjid Al-Aqsa

Kekuatan kelompok Hizbullah tumbuh secara eksponensial sejak saat itu. Tidak hanya punya lebih dari 100 ribu roket, Hizbullah juga mengembangkan sistem yang lebih canggih seperti amunisi berpemandu presisi.

Contohnya, roket yang ditembakkan ke Israel pada 6 April atau sehari setelah serangan Al Aqsa, diluncurkan di dekat Tirus. Ini adalah area kehadiran Hizbullah.

Elemen lain ancaman Iran terhadap Israel juga termasuk milisi di Suriah dan Irak. Seperti Popular Mobilization Units yang berbasis di Irak, dan faksi mereka seperti Kataib Hezbollah dan Asaib Ahl al-Haq.

Hal ini membuktikan bahwa Iran sedang meningkatkan ancaman lewat konflik multi-front dengan Israel.

Dalam sepekan terakhir misalnya ada operasi pesawat tak berawak Iran pada 1 April, tembakan roket Gaza dari 5-7 April dan 34 roket yang ditembakkan ke Israel dari Lebanon pada pekan Paskah.

Selain itu ada juga tembakan roket dari Suriah pada 8 dan 9 April, juga penembakan di Tepi Barat dan drone yang diluncurkan dari Gaza pada 3 April.

Jika dilihat dari gambaran besar, Iran dan kelompok-kelompok pendukungnya berusaha mengancam Israel dari berbagai wilayah. Iran berupaya menunjukkan bahwa mereka bisa memanaskan perbatasan mana pun dengan Israel, dengan menggunakan berbagai kelompok kapan saja.

Sumber: