Jelang Lebaran, Kasus COVID di Indonesia Naik Drastis, Warga Dihimbau Patuhi Protokol Kesehatan

Jelang Lebaran, Kasus COVID di Indonesia Naik Drastis, Warga Dihimbau Patuhi Protokol Kesehatan

SIASAT.CO.ID - Jelang Lebaran 2023, kasus Covid-19 di Indonesia meningkat drastis pada Rabu 12 April 2023. Kasus positif meningkat hampir 1000 pasien atau sekitar 987 orang.

Sedangkan pasien yang sembuh tidak sampai setengahnya, yaitu 346 orang, dan untuk kasus aktif meningkat hingga 630 orang. Ada pun pasien yang meninggal sebanyak 11 orang.

Sehingga, total pasien yang positif di Indonesia sebanyak 6.753.393 orang, pasien yang sembuh sebanyak 6.585.054 orang, pasien aktif sebanyak 7.457 orang, dan pasien yang meninggal sebanyak 161.082 orang.

Baca juga: Viral, Penumpang Batik Air Marah Usai AC Pesawat Mati: Jangan Paksakan Take Off Keselamatan Nomor 1

Pemerintah meminta masyarakat memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah Corona, dimulai dari menekan angka penularan.

Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus Corona sebesar 35%.

Sementara memakai masker bisa mengurangi risiko penularan virus Corona hingga 45% kalau memakai masker kain. Sementara kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%.

Baca juga: Heboh, Dokter di Medan Marah Terhadap Pengendara, Warganet: Pendidikan Tinggi Gak Beradab

Penambahan kasus ini terjadi tepat sebelum terjadinya puncak arus mudik dan libur panjang yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Adapun libur atau cuti bersama akan dimulai pada 19 hingga 27 April 2023 mendatang.

Kenaikan kasus covid 19 ini sebenanrnya tidak hanya terjadi di Indonesia. Adapun kenaikan ini penyebabnya disinyalir hadirnya varian baru bernama virus Omicron varian 1.16 Arcturus. Namun, kasus ini belum dikonfirmasi di Indonesia.

Sumber: