Saleh Daulay: Umat Islam Tak Perlu Terprovokasi dengan Islamophobia Narsinghanand

Saleh Daulay: Umat Islam Tak Perlu Terprovokasi dengan Islamophobia Narsinghanand

SIASAT.CO.ID - Tokoh Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay meminta umat Islam di Indonesia tak perlu terprovokasi dengan pernyataan pendeta Hindu Yati Narsinghanand.

Narsinghanand melontarkan pernyataan bernada Islamophobia dengan menyerukan pengikutnya menyerang Makkah dan menyerbu Ka'bah.

"Pernyataan Yati Narsinghanand adalah salah satu bentuk Islamophobia. Konon, ini bukan yang pertama dilakukannya. Di banyak kesempatan, dia sudah sering melontarkan ceramah-ceramah anti-Islam. Meskipun melukai, tetapi pernyataan-pernyataannya tidaklah mengurangi kehormatan Agama Islam," kata Saleh kepada Siasat, Kamis, 13 April 2023.

Pemerintah India diminta untuk segera memeriksa Yati Narsinghanand. Pasalnya, ia dinilai telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan. Bahkan, melakukan penghinaan terhadap agama lain. Tindakan ini bertentangan dengan norma toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Baca Juga: Terlalu Kekanak-kanakan, Anies Baswedan Diserang Islamofobia karena Capres 2024

Saleh menjelaskan, tindakan Narsinghanad juga bertentangan dengan International Covenant on Civil and Political Rights atau Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik.

Ketentuan dalam ICCPR itu jelas disebutkan bahwa setiap orang memiliki kebebasan berfikir, berkeyakinan, dan beragama.

"Ini adalah bagian dari implementasi Deklarasi Universal HAM yang sudah disepakati PBB. Karena itu, dalam konteks kebebasan beragama dan Islamophobia seperti ini, pemerintah India dituntut untuk melakukan tindakan tegas. Jangan sampai tindakan orang per orang seperti ini menimbulkan kesenjangan antara masyarakat di Indonesia dengan di India," kata mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini.

Lebih jauh anggota DPR RI ini mengimbau umat Islam agar lebih memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah ketimbang memperdebatkan pernyataan Narsinghanad.

Baca Juga: Gandrungnya Konten Mualaf di Medsos Pertanda Keberislaman yang Norak

"Amal kebaikan seperti itu yang merupakan perwujudan kesalehan seorang muslim. Bukan merespons pernyataan sampah yang tidak bertanggung jawab. Biarkan orang lain yang menilai bahwa umat Islam adalah agama yang damai dan penuh kasih sayang. Bukan agama permusuhan dan pertikaian," katanya.

Sumber: