ASEAN Tourism Forum di JEC Gelar Aneka Kegiatan hingga Bazar UMKM

ASEAN Tourism Forum di JEC Gelar Aneka Kegiatan hingga Bazar UMKM

SIASAT.CO.ID - Acara ASEAN Tourism Forum (ATF) dilangsungkan di Gedung Jogja Expo Center (JEC) mulai 2-5 Februari 2023. Kegiatan ini merupakan acara rutinan setiap tahun yang diadakan dalam rangka ajang pariwisata terbesar di kawasan ASEAN.

Pengunjung dan masyarakat umum bisa mengunjungi acara ini yang salah satu gelarannya dipusatkan di kawasan Jogja Expo Center (JEC).

Di kawasan ini akan diadakan aneka kegiatan dan JEC akan dijadikan pusat gelaran Travel Exchange atau TRAVEX yang menampilkan pameran kontingen produk dan layanan tujuan wisata serta perjalanan ASEAN terbesar di dunia.

Tak hanya itu, akan diadakan juga festival kuliner dan pameran UMKM Ekonomi Kreatif. Sslain itu, selama gelaran di JEC itu, wisatawan dan masyarakat bisa menyaksikan dan belajar langsung berbagai demonstrasi pembuatan kerajinan Jogja dari perajinnya.

Rangkaiannya mulai dari demonstrasi membatik, pembuatan wayang dari kulit dan suket (rumput), melukis caping (topi tradisional petani Indonesia), melukis tas anyaman, pembuatan kerajinan tenun, pembuatan keramik dari tanah liat atau tembikar hingga demo pembuatan minuman dan makanan tradisional.

Baca Juga: Respon Panglima TNI Soal KSAD Jenderal Dudung Tak Dampingi Rapat Perdananya di DPR

Jam berkunjung wisatwan yang ingin mengikuti rangkaian acara ini yakni mulai pukul 10.00-20.00 WIB, dan tidak dipungut biaya apapun.

Permaisuri Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, mengatakan bahwa ASEAN Tourism Forum 2023 ini menjadi ajang strategis guna mengangkat potensi ekonomi dan wisata Yogyakarta seluas-luasnya kepada dunia internasional.

"Event ini menjadi momen mengenalkan Yogyakarta bukan hanya sebagai destinasi favorit wisatawan nusantara dan mancanegara, tetapi juga mengenalkan keberagaman industri UMKM serta ekonomi kreatifnya," katanya.

Adapun Direktur MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Iyung Masruroh mengatakan pameran di JEC menjadi kesempatan  industri ekonomi kreatif lokal menjual produk unggulan mereka ke konsumen baik dari Indonesia maupun ke peserta ATF.

Baca Juga: Hasil Carabao Cup Manchester United vs Nottingham: Menang 2-0, Setan Merah Melaju Ke Partai Final

"Event TRAVEX di JEC ini dihadiri delegasi dari 30 negara, jadi sebuah kesempatan emas yang sayang untuk dilewatkan," kata dia.

Adapun peserta pameran pariwisata Indonesia dalam rangkaian ASEAN Tourism Forum akan diikuti para pemerintah daerah, desa wisata, industri perjalanan dan pariwista, jaringan hotel lokal dan nasional, akomodasi, platform penjualan, maskapai penerbangan, asosiasi pariwisata hingga portal transportasi daring.

Selain itu, akan ada hadiah-hadiah menarik atau doorprize bagi pengunjung yang beruntung.

Sumber: