Geger, Imigrasi RI Disorot Media Asing, Diduga Peras Turis Asal Taiwan di Bali

Geger, Imigrasi RI Disorot Media Asing, Diduga Peras Turis Asal Taiwan di Bali

SIASAT.CO.ID - Baru-baru ini geger kabar Imigrasi RI menjadi sorotan media asing. Pasalnya, petugas Imigrasi diduga telah melakukan pemerasan terhadap turis asal Taiwan yang baru tiba di Bali untuk berlibur akhir pekan lalu.

Saat tiba di bandara Bali, turis Taiwan itu mengeluarkan ponsel untuk mengambil foto dan mengabari sopir yang akan membawa rombongan mereka tersebut.

Tak lama kemudian, ia didatangi oknum petugas imigrasi dan dibawa ke sebuah ruangan kecil dan gelap untuk diinterogasi.

Baca juga: Viral TKW Beli Daster 200 Ribu Didenda Oknum Bea Cukai 9 Juta, Netizen: Lintah Darat Berseragam

Saat diinterogasi dan dilakukan berbagai pemeriksaan, turis itu sudah mencoba menjelaskan alasannya mengeluarkan ponsel dan mengambil gambar. Namun, dilansir dari CTS mengatakan, oknum Imigrasi menolak penjelasan sang turis.

Turis itu awalnya diminta untuk membayar uang denda sebesar US$4.000 atau setara Rp60 juta. Namun, turis itu pun sampai harus berpura-pura tak punya uang untuk menghindar dari kewajiban membayar denda.

Usai bernegosiasi dan dianggap baru melakukan pelanggaran pertama, ia akhirnya hanya dimintai denda US$400 saja atau sebesar Rp 6 juta.

Rasanya seperti mengeksploitasi turis. (Dengan cara ini) orang takut pergi, harus ada kantor Taiwan untuk mencari bantuan jika menghadapi situasi seperti ini," ucap turis asal Taiwan, dikutip pada Jumat 14 April 2023.

Baca juga: Heboh, Dokter di Medan Marah Terhadap Pengendara, Warganet: Pendidikan Tinggi Gak Beradab

Sontak unggahan ini pun menyita perhatian warganet. Banyak netizen yang juga salah sasaran menyerang Bea Cukai.

"Imigrasi masuk berita tv CTS, gegara oknum palak wisatawan dari Taiwan.. Lo lagi lo lagiā€¦ bikin malu negara," @6undu***.

"Negeri wakanda bikin malu aparatnya," ucap @sindu***.

"Lah bosen dia lagi oknumnya," ujar @swit***.

Sumber: