Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Ketum Repdem: Kader Kaleng-kaleng Lebih Baik Mundur

Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Ketum Repdem: Kader Kaleng-kaleng Lebih Baik Mundur

Wanto Sugito--

SIASAT.CO.ID - Ketua Umum Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Wanto Sugito menyebut Budiman Sudjatmiko sebagai "kader kaleng-kaleng" usai secara terang-terangan mendukung Capres dari partai Gerindra, Prabowo Subianto

Wanto mengaku malu dengan sikap Budiman dan meminta mantan aktivis reformasi itu segera hengkang dari partai banteng. 

Untuk diketahui, Repdem adalah organsiasi sayap PDI-P. Budiman sempat menjadi salah satu Ketua Umum organisasi itu di awal tahun 2000-an.

"Kalau kader PDI Perjuangan pasti Ganjar Pranowo, kalau tidak mendukung Ganjar Pranowo bagi saya bukan Kader PDI Perjuangan, itu namanya Kader kaleng-kaleng," katanya saat dikutip dari Kompas, Minggu, 20 Agustus 2023.

BACA JUGA: Dukung Prabowo Jadi Capres, Budiman Sudjatmiko Rela Dipecat PDI-P

Wanto juga menyesal mengetahui Budiman Sudjatmiko bermanuver ke pihak lawan politiknya. "Ya tentu saya sangat malu sekali dan sangat menyesalkan sekali," ucap Wanto.

"Tetapi kan memang secara personal itu kan hak politik beliau, tetapi dalam konteks berpartai tentu dia harus sadar diri," tambahnya.

Wanto menyarankan Budiman agar keluar dari PDI-Perjuangan secara gentle tanpa beralasan sebelum dikenai sanksi.

"Nah kalau saya menyarankan beliau keluar saja untuk apa masih ambigu, tidak jelas, masih belum ada sanksi dan sebagainya. Keluar saja, gentle kan begitu," ujar Wanto.

BACA JUGA: Pernyataan Tak Terduga RK Usai Golkar Deklarasi Dukung Prabowo

Wanto menjelaskan sebetulnya kader PDI-Perjuangan wajib tegak lurus terhadap perintah ketua umum, Megawati Soekarno Putri.

"Kalau kader banteng tulen tegak lurus terhadap perintah Ibu Megawati Soekarnoputri dengan segala lika0liku dan pergerakan kita sedia dibawah komando Ibu Hj Megawati Soekarnoputri, bukan kader cengeng kan gitu," pungkasnya.

Diketahui, Budiman Sudjatmiko menyatakan dukungannya kepada Prabowo untuk pemilu 2024. Bahkan keduanya mendeklarasikan relawan bernama Prabowo Budiman Bersatu (Prabu) pada Jumat, 18 Agustus, 2023,  Semarang, Jawa Tengah.

Sumber: