HUT PDIP ke-51, Megawati Tegaskan Partai Akan Selalu Menyatu dengan Rakyat

HUT PDIP ke-51, Megawati Tegaskan Partai Akan Selalu Menyatu dengan Rakyat

Megawati memberikan pidato pada HUT Ke-51 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).--Foto: ANTARA/HO-Humas PDI Perjuangan

SIASAT.CO.ID - Dalam peringatan HUT Ke-51 PDIP, Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP PDIP dan Presiden ke-5 RI, menegaskan kembali jati diri partai sebagai "partai wong cilik" yang seutuhnya menyatu dengan rakyat.

"Saya selalu mengajarkan kepada anak-anak di PDI Perjuangan, jangan pernah tinggalkan rakyat. Sikap ini, selain sebagai muara dan komitmen ideologis, juga dari realitas sejarah," jelas Megawati, Rabu (10/1/2024).

Megawati mengingatkan bahwa PDI Perjuangan tidak pernah tunduk pada tekanan apa pun dan itu sudah terbukti hingga di usia partai yang ke-51. "Inilah perjalanan panjang kita. Pasang naik dan surut telah kita alami sebagai dinamika kehidupan partai.

Apa yang telah kita alami selama 32 tahun rezim otoriter Orde Baru misalnya, adalah gemblengan nyata terhadap ideologi, keteguhan dalam semangat juang, dan soliditas organisasi," ujarnya.

Putri Proklamator sekaligus Presiden pertama RI Soekarno itu mengenang betapa hebatnya tekanan yang dia dan PDI Perjuangan alami saat itu, hingga melahirkan kultur perlawanan terhadap segala sesuatu yang berbau penindasan.

BACA JUGA:PDIP Tangsel Komitmen Raih 55 Persen untuk Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

"Watak dan karakter inilah yang muncul spontan ketika kita melihat ketidakadilan, kemiskinan, dan diskriminasi," tegasnya.

Megawati menyampaikan bahwa PDI Perjuangan mengambil intisari dari pengalaman ketertindasan selama Orde Baru itu.

Ketika PDI berhadapan dengan rezim otoriter yang tidak segan menggunakan segala cara, rakyatlah penopang partai.

Dalam hemat pandangannya, rakyat tidak lain seperti akar rumput yang merupakan simbol kehidupan.

Megawati meyakini akar rumput tidak mengenal kata menyerah serta dapat tumbuh di mana pun. Akar rumput mampu tumbuh di gunung, tanah gersang, tanah subur, dan laut.

BACA JUGA:Hasto Kristiyanto: Tiga Instruksi Megawati Jadi Modal PDIP Raih Kemenangan di Pilpres 2024

"Rumput memiliki daya survival yang tinggi, sehingga meskipun dibakar, dipotong, dimatikan, dan dicabut, tetap akan selalu tumbuh karena akarnya selalu siap untuk tumbuh kembali. Akar rumput itu selalu bergandengan dengan erat. Kalau kita lihat, rumput tak pernah sendiri mereka menjalin satu sama lain," tuturnya.

Oleh karena itu, Megawati memerintahkan kader partainmya untuk berdiri kokoh bersama rakyat serta solid bergerak. "Karena itulah betapa pentingnya turun ke bawah. Perkuatlah akar rumput, sebab itulah kekuatan riil kita. Camkan hal ini sebagai napas kontemplasi kita," ujar Megawati.

Sumber: