Benarkah Hal Baik Dapat Menyebabkan Stres?

Rabu 03-05-2023,13:17 WIB
Reporter : Fitria Fera Diana
Editor : Fitria Fera Diana

Ini adalah stres, dan ini adalah cara anda untuk berinteraksi dengan sesuatu yang menarik

3. Memandang sesuatu sebagai hal yang positif

Kunci untuk menjaga stres tetap positif adalah menghubungkan dan melihat stres sebagai hal yang berguna menuju hasil positif atau peluang penting.

Misalnya merencanakan liburan bersama teman, berusaha menyesuaikan diri pada lingkungan baru, berusaha mendapatkan nilai yang baik di kelas, semuanya melibatkan upaya menuju tujuan atau hasil yang positif.

Baca Juga: 4 Jenis Manipulasi yang Sering Terjadi dan Wajib Kamu Ketahui

Memang ada penyesuaian, usaha, tekanan dari berbagai arah, tetapi hasil yang diinginkan dapat membuat kita tetap fokus pada stres yang positif.

4. Anda memegang kendali atas stres yang terjadi

Stres akan menjadi positif atau negatif tergantung dengan bagaimana cara kita memikirkannya. Menurut definisi Hans Selye, pada dasarnya stres merupakan sesuatu yang netral.

“Respons non-spesifik tubuh terhadap tuntutan perubahan apapun,” tugasnya yaitu menimbulkan ketidaknyamanan yang cukup sehingga kita bisa menyesuaikan perilaku dengan apa yang dibutuhkan, dan ini adalah stres.

Bagaimana stres akan menjadi baik atau buruk, semuanya selalu dalam kendali kita.

5. Melatih diri untuk merespons stres secara positif

Penelitian menunjukan semakin banyak pengalaman positif yang dimiliki dengan stres, maka semakin besar pula kemungkinan untuk melihat dan merespons stres secara positif.

Tetap memikirkan stres sebagai sesuatu yang positif dan berfokus pada peluang serta keuntungan yang ada dapat membantu memastikan stres agar tetap positif.

Semakin positif kita dalam memandang stres maka semakin besar pula kemungkinan kita untuk dapat menggunakannya sebagai alat untuk terus bertumbuh dalam perubahan-perubahan yang positif.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler