Jokowi Tepis Tudingan PDIP yang Menyebut "Food Estate" Dikuasai Prabowo Cs

Sabtu 19-08-2023,00:15 WIB
Reporter : Admin
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab tudingan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang menyebut program Food Estate atau lumbung pangan dikuasai oleh Prabowo Subianto dan kelompoknya. Presiden menyatakan program tersebut bukan hanya dikerjakan satu pihak saja.

"Ya itu namanya kerja, itu ya yang kerja itu beberapa kementerian. Ada kementerian teknisnya kementan, ada yang membuat land clearing, irigasi itu ada di Kementrian PU. Ada yang berkaitan dengan kerja strategis bisa juga di (Kementerian) Pertahanan," kata Jokowi di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Agustus 2023.

Jokowi juga mengungkapkan, semua kementerian tersebut sedang bekerja untuk mencegah terjadinya krisis pangan. Untuk itu, Ia meminta kepada semua pihak untuk bersabar karena proses pembangunan Food Estate bukan perkara mudah

"Bahwa ada yang berhasil, bahwa ada yang setengah berhasil, atau yang belum berhasil, ya itu yang harus dikoreksi, diperbaiki, dievaluasi," kata Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Sindir Politisi yang Suka Sebut Lurah Istana untuk Kepentingan Pemilu 2024

Diketahui sebelumnya, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, terdapat kepentingan pribadi dalam implementasi program Food Estate. Hasto menyinggung soal PT Agro Industri Nasional (Agrinas) sebagai pelaksana program tersebut Menurut Hasto, perusahaan ini diisi oleh orang yang berhubungan dengan Prabowo.

"Vested of interest, sehingga dibentuk misalnya PT Agrinas yang diisi oleh sahabat-sahabat dan juga (anggota) partai-partai politik yang seharusnya tidak ikut campur tangan dalam menggunakan anggaran dari negara," kata Hasto.

Dilansir dari Tempo,  pada 2021, PT Agrinas memiliki lahan seluas 60 hektare di Desa Kertarahayu, Bekasi, Jawa Barat. Di lahan tersebut terdapat papan nama dengan tulisan, "Tim Kajian Krida Karya Semesta Kementerian Pertahanan Republik Indonesia."

Dalam akta pendirian perseroan pada 3 April 2020 tertulis pemilik perusahaan itu adalah Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YYSDP). Pengurus Yayasan tersebut diantaranya merupakan orang-orang yang terafiliasi dengan Partai Gerindra, partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Politisi PDIP Nilai Keakraban Jokowi dan Prabowo Tak Ada Kaitannya dengan Pilpres 2024

Hasto menyebutkan bahwa PDIP pada dasarnya sangat mendukung program Food Estate tersebut. Karena menurut Hasto, program itu bertujuan untuk menciptakan kedaulatan di bidang pangan

"Jadi kebijakan dari bapak presiden itu bagus hanya implementasinya sama dengan infrastruktur itu bagus. Nah kebijakan bagus, implementasinya tidak baik," kata Hasto.

Kategori :

Terpopuler