Prabowo Utamakan Bertemu dengan Ulama dan Santri di Jabar-Banten pada Awal Kampanye

Selasa 05-12-2023,18:27 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, mengejar kampanye Pemilu 2024 dengan tetap mengedepankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan. Ia baru memulai tur kampanye pada hari kelima, dengan bersilaturahmi dengan sejumlah ulama di Jawa Barat dan Banten.

Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia, Igor Dirgantara, menilai langkah ini sebagai bentuk penghormatan Prabowo terhadap ulama, yang telah lama dekat dengannya, terutama di wilayah Jabar dan Banten.

Dukungan umat Islam, khususnya di kedua provinsi tersebut, pun tampak mengalir untuk Prabowo dan pasangannya, Cawapres Gibran Rakabuming Raka, dalam Pilpres 2024.

"Banyaknya dukungan dari tokoh ulama itu menjadi daya tarik kuat masyarakat kepada Prabowo-Gibran," kata Igor dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023).

Dalam kunjungan tersebut Prabowo juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam pendiri Ponpes Miftahul Huda, Choer Affandi bin H Abdullah.

BACA JUGA:Prabowo Kembali Masuk Kerja sebagai Menteri Pertahanan, Gibran Kampanye di Tangerang

Saat berjalan kaki Prabowo menjadi 'sasaran' santri yang berebut untuk bersalaman. Prabowo juga menyempatkan berfoto bersama dengan para santri-santriwati. Teriakan 'bapak gemoy' dari para santriwati beberapa kali terdengar.

Igor melihat kunjungan di Ponpes Miftahul Huda itu semakin memperkuat komitmen Prabowo dalam memperjuangkan kemajuan umat Islam di Indonesia. Kedekatan yang ditunjukkan oleh Prabowo kepada para ulama tentunya akan berdampak positif bagi langkahnya memenangkan Pilpres 2024 mendatang.

“Terlebih ponpes tersebut berada di Jabar itu semakin memperkuat Prabowo untuk mengulangi kejayaannya di Tanah Pasundan. Seperti rekam jejaknya gemilangnya pada Pilpres 2014 dan 2019 lalu,” paparnya.

Selain di Jawa Barat, Prabowo juga sowan ke ulama kharismatik Abuya Murtadho di Pondok Pesantren Roudatul Ulum Cidahu, Pandeglang, serta berziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanudin yang merupakan Sultan Banten pertama sekaligus sebagai pendiri Kesultanan Banten.

Dengan begitu menurut Igor mantan Danjen Kopassus itu menempatkan ulama di posisi yang terhormat.

BACA JUGA:TKN Prabowo-Gibran: Program Makan Siang Gratis Tetap Sejalan dengan Program Unggulan Jokowi

Tidak hanya hormat terhadap ulama, Prabowo juga berkomitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan pesantren dengan meluncurkan program dana abadi pesantren jika kelak terpilih menjadi presiden.

“Dalam kesempatan yang sama, secara tidak langsung Prabowo ingin menunjukkan bagaimana komitmennya atas implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019. UU itu berisikan tentang pesantren yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo,” urainya.

Prabowo kata Igor juga berkomitmen untuk memberi dukungan terhadap infrastruktur, bantuan kepada majelis Masyayikh. Program terhadap pembangunan pesantren ini akan menjadi program utama capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut.

Kategori :

Terpopuler