Universitas Indonesia Raih Peringkat Terbaik Kampus Berkelanjutan di Asia, Nomor 24 se-Dunia

Kamis 07-12-2023,12:30 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia dalam kategori The Most Sustainable Universities versi UI GreenMetric World University Rankings 2023, meraih peringkat 24 dunia.

“Keberhasilan UI bertahan di peringkat 24 dunia merupakan hasil upaya kampus ini dalam menciptakan kampus yang ramah lingkungan," kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia di Kampus UI Depok, Kamis (7/12/2023).

Keberhasilan ini merupakan hasil dari upaya UI dalam menciptakan kampus yang ramah lingkungan, dengan total skor 8.925 dari enam kriteria pemeringkatan.

Kenaikan skor terutama berasal dari peningkatan pada Setting and Infrastructure, yang meningkat dari 1.175 menjadi 1.325.

Kriteria Setting and Infrastructure

Dalam kriteria Setting and Infrastructure, kata Amelita, beberapa indikator menjadi penilaian utama.

Indikator tersebut mencakup perbandingan luas ruang terbuka terhadap luas total, wilayah kampus yang ditumbuhi vegetasi hutan dan tanaman, luas ruang terbuka, program konservasi tumbuhan dan hewan, area resapan air, serta fasilitas seperti gedung, sarana kesehatan, dan keamanan.

BACA JUGA:Komunitas Sekitar Kampus: di Mana Mereka Diletakkan dalam Jejaring Serikat Tenaga Pendidik?

UI menunjukkan prestasi unggul dalam kriteria ini dengan 50 persen kawasan kampus Depok berupa hutan, 9 persen danau atau kawasan konservasi air, dan 70 persen merupakan ruang terbuka hijau.

Untuk menjaga keberlanjutan, UI menerapkan kebijakan masterplan pengembangan kampus untuk mempertahankan persentase lahan terbuka dan hijau sebesar 50 persen.

Kategori :

Terpopuler