Polresta Tangerang Terjunkan 312 Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru

Rabu 20-12-2023,09:00 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Polda Banten melalui Kepolisian Resor Kota atau Polresta Tangerang menyiapkan total 312 personel gabungan untuk menjaga keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di wilayah tersebut.

"Ada sebanyak 187 personel dari kepolisian dan 125 personel gabungan, melibatkan TNI, Dishub, Pol PP, Dinkes, dan instansi lainnya, yang akan bertugas di Pos Pengamanan," ungkap Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih, di Tangerang pada Selasa (19/12/2023).

Kompol Kosasih menjelaskan bahwa dalam pengamanan menyeluruh Natal dan Tahun Baru 2024, petugas keamanan akan terbagi ke dalam beberapa tim, termasuk untuk memantau dan mengamankan kegiatan keagamaan.

Operasi Lilin Maung dijadwalkan akan digelar mulai 21 Desember 2023 selama 12 hari operasi, mencakup periode 22-25 Desember 2023 untuk perayaan Natal dan 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 untuk libur akhir tahun.

Dalam rangka operasi pengamanan, Polri bekerja sama dengan lembaga terkait di Kabupaten Tangerang untuk mengantisipasi potensi situasi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan selama ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

BACA JUGA:Polresta Tangerang Tindak Tegas Caleg yang Kampanye Pakai Pelat Khusus Polri

Fokus pengamanan difokuskan pada enam Pos Pengamanan (PosPam), terutama di pusat keramaian seperti Citra Raya, Adiasa Cisoka, PWS Tigaraksa, dan tempat ibadah umat Kristen di Pasar Kemis.

Sementara itu, dua Pos Pelayanan (Posyan) disiapkan di KM 43 dan 45, menjadi pusat pelayanan jalur mudik libur Natal dan Tahun Baru.

"Pos ini diutamakan untuk para pemudik, baik yang datang dari jalur Sumatera maupun sebaliknya dari Jawa," kata Kosasih.

Ia menjelaskan, setiap tempat ibadah atau gereja akan didukung oleh tim khusus dari Satuan Gegana Satbrimob untuk melakukan sterilisasi dan pengamanan, terutama saat pelaksanaan misa atau ibadah Natal.

"Tim Gegana kita siapkan terdiri dari dua tim, di mana satu tim akan ditempatkan di wilayah Citra Raya dan tim satunya di Pasar Kemis sebagai pusat keramaian dan ibadah," ungkapnya.

BACA JUGA:Polresta Tangerang Siaga, Rekayasa Lalu Lintas Hadapi Gelombang Demonstrasi Buruh

Meskipun demikian, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta memberikan rasa nyaman bagi mereka yang merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

Kategori :

Terpopuler