Mahfud MD: Tidak Ada Serangan Personal dalam Debat Ketiga

Rabu 10-01-2024,10:00 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menyatakan bahwa tidak ada pertanyaan yang menyerang personal dalam debat ketiga yang diselenggarakan oleh KPU pada Minggu, 7 Januari 2024.

"Menurut pendapat saya, tidak ada serangan personal. Calon presiden adalah individu, jadi pertanyaan yang diajukan terkait kebijakannya," kata Mahfud MD di Sleman, Yogyakarta, pada hari Selasa malam.

Menurutnya, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam debat putaran ketiga tersebut adalah pertanyaan biasa dan tidak ada yang menyerang secara personal atau membocorkan rahasia negara.

"Sebagian besar rakyat Indonesia juga tidak menganggap itu sebagai serangan personal," tambahnya.

Mahfud menyatakan bahwa pertanyaan-pertanyaan terkait kebijakan pertahanan negara juga merupakan pertanyaan biasa dan tidak ada pertanyaan yang harus dijawab dengan membocorkan rahasia negara.

BACA JUGA:Mahfud MD Serukan Pentingnya Perlindungan Negara untuk Suku dan Masyarakat Adat

"Misalnya, pertanyaan seperti mengapa membeli pesawat jenis tertentu, itu bukanlah rahasia. Jika seseorang bertanya tentang harga pesawat, kondisi pesawat, atau peran Indonesia dalam kepemimpinan pertahanan di wilayah selatan, itu bukanlah rahasia personal," jelasnya.

Mahfud mengatakan bahwa rahasia negara terkait dengan undang-undang, seperti putusan pengadilan yang belum diumumkan meskipun sudah diputuskan.

"Selain itu, data intelijen tentang mata-mata asing di Indonesia dan mata-mata kita di luar negeri, serta objek vital nasional yang harus dijaga ketat, itulah yang merupakan rahasia negara," tambahnya.

Ia juga menyebut bahwa kegiatan di Sleman, Yogyakarta pada malam itu adalah untuk melakukan koordinasi dengan tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo - Mahfud MD di Yogyakarta.

"Banyak relawan yang datang, ada tim pemenangan daerah (TPD) dan tim pemenangan cabang (TPC) di DIY," katanya.

BACA JUGA:TPN: Gaya Cepat dan Tuntas Ganjar-Mahfud Jadi Daya Tarik Bagi Swing Voters

Menurutnya, tim pemenangan ini memiliki semangat yang tinggi, dan untuk wilayah DIY, dukungan bagi pasangan Ganjar Mahfud cukup kuat.

"Untuk DIY, dukungan sudah cukup solid. Semoga tidak ada hambatan dan semoga menjadi basis suara yang kuat untuk Ganjar Mahfud," pungkasnya.

Kategori :

Terpopuler