Mahfud MD Balas Gimik Gibran dengan Gimik

Senin 22-01-2024,09:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengkritik pertanyaan yang diajukan oleh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengenai inflasi hijau atau greenflation, menyebutnya sebagai hal yang receh dan bagian dari gimik.

Mahfud menyatakan, "Soal pertanyaan yang receh itu, itu hanya bagian dari gimik saja," kepada awak media setelah debat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Minggu malam.

Ia menilai bahwa Gibran melemparkan pertanyaan yang dianggapnya sebagai gimik, padahal Mahfud telah menyampaikan bahwa jawabannya sangat sederhana.

"Saya sudah mengatakan bahwa jawabannya sangat sederhana. Saya mengembalikan waktu kepada moderator. Tidak ada gunanya debat seperti ini. Itu hanya bagian dari gimik dalam debat," jelasnya.

Ketika ditanya oleh awak media tentang komitmennya terkait greenflation, Mahfud mengakui bahwa ia sebenarnya tidak enggan menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.

BACA JUGA:Mahfud saat Ditanya Gibran Soal Greenflation: Saya Kembalikan ke Moderator, Ndak Layak Dijawab

Namun, Mahfud berpendapat bahwa Gibran tidak memahami konsep greenflation. Menurutnya, Wali Kota Surakarta itu mempertanyakan jawaban Mahfud yang tidak sesuai dengan harapannya.

Oleh karena itu, Mahfud mengembalikan sesi tersebut kepada moderator agar tidak dilanjutkan. "Karena masalahnya telah dijawab, kemudian dikatakan bahwa belum dijawab. Itu hanya gimik belaka dalam debat," ujar Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud menjelaskan bahwa greenflation merujuk pada ekonomi hijau dan alurnya.

"Untuk mengatasi inflasi hijau, apa itu inflasi hijau? Ini adalah tentang ekonomi hijau, ekonomi sirkuler. Di mana produk ekonomi, misalnya pangan, atau apa pun yang diproduksi, kemudian dimanfaatkan, didaur ulang, bukan dibuang," kata Mahfud dalam debat keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta.

BACA JUGA:Cak Imin Ingatkan Pesan Pendiri NU tentang Pentingnya Peran Petani

Namun, Gibran menganggap bahwa jawaban Mahfud tidak menjawab pertanyaan tentang inflasi hijau.

"Saya sedang mencari jawaban dari Prof. Mahfud, saya mencarinya di mana jawabannya? Mengapa saya tidak menemukan jawabannya? Saya menanyakan tentang inflasi hijau, mengapa justru menjelaskan tentang ekonomi hijau. Prof. Mahfud yang disebut greenflation itu, inflasi hijau," kata Gibran.

Kategori :

Terpopuler