Peluru Tak Terkendali Diskusi dengan Caleg Putri Ramadhanti, Bahas Soal Maraknya Calo di Bekasi

Minggu 28-01-2024,20:59 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Peluru Tak Terkendali menggelar diskusi terbuka dengan calon legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi PDIP, Putri Ramadhanty, di Tomoro Coffee, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/1/2024). Mereka membahas soal maraknya calo perusahaan yang menjadi keluhan masyarakat pencari kerja di sana.

Putri menyoroti permasalahan calo dunia kerja di Cikarang diikuti dengan fenomena bahwa sebagian besar pekerja perusahaan di sana berasal dari luar daerah. Problematika itu diperparah dengan kurangnya peran perusahaan-perusahaan memberi akses yang layak bagi masyarakat lokal.

“Cikarang itu kawasan Industri, tapi 70 persen yang kerja di sini itu masyarakat luar….Yang kerja di sini juga banyak calonya,” keluh Putri.

Lihat update kegiatan Peluru Tak Terkendali di sini.

Kendati demikian, Putri tak menampik banyaknya warga yang terpengaruh dengan iming-iming para calo penyalur tenaga kerja.

Menurut Putri, lebih penting memberdayakan masyarakat lokal untuk mendapatkan kesempatan kerja di daerah asal mereka sendiri, daripada menjadi korban praktik calo yang merugikan.

BACA JUGA:Gaya Kampanye Peluru Tak Terkendali dan Laju Indonesia Gaet Anak Muda, Talk Show Sekalian Ngonten

Dalam diskusi tersebut, muncul pula pembahasan tentang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bekasi, terutama terkait keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK). Putri menegaskan perlunya peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan yang dijalankan secara efektif, terutama bagi generasi muda.

“Makanya kalau gua kepilih, gua mau buat pelatihan buat anak-anak muda. Di daerah di SMK SMK itu mau gua tekankan BLK-nya agar mereka bisa didorong untuk jadi SDM yang berkualitas. Dan anak-anak SMA SMK yang secara kualitas lebih maju, bisa ikut ngajarin teman-temannya yang masih belajar,” ungkap Putri.

Menyikapi masalah calo, Putri menegaskan perlunya pendidikan sebagai kunci untuk menyingkirkan praktik-praktik yang merugikan masyarakat. Dia juga mengajukan ide saling konfirmasi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan kerja yang adil dan berkualitas.

“Harus ada saling konfirmasi saja lah kekuatan atau saling menguntungkan dengan para perusahaan. Lu (perusahaan) berlokasi di kawasan kita, jadi lu harus menghargai anak-anak kita di sini, karena mereka juga punya kemampuan yang PT itu mau,” tegasnya.

Pada akhir diskusi, Juru Bicara Peluru Tak Terkendali yang juga moderator acara tersebut, Kiki Siahaan, menekankan pentingnya menemukan sistem yang efektif untuk memberantas praktik calo di Bekasi.

BACA JUGA:Peluru Tak Terkendali Terjun ke Pelosok Bekasi, Young Lex: Ganjar-Mahfud Pemimpin Paket Komplit

“Kita dari PTT (Peluru Tak Terkendali) minta kak Putri menemukan bagaimana sistem untuk memberantas calo,” katanya.

Adapun Putri menyatakan kesiapannya untuk belajar dan berkontribusi dalam upaya tersebut.

“Putri mau berantas calo-calo disini yang kerjaannya cuma menipu rakyat!,” katanya.

Kategori :

Terpopuler