Investasi Tangsel Melonjak: Capai Rp7,4 Triliun di 2023

Senin 05-02-2024,08:00 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Realisasi investasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada tahun 2023 mencatat kenaikan yang luar biasa. Dari target sebesar Rp4,66 triliun, investasi berhasil mencapai angka Rp7,4 triliun.

"Realisasi investasi di Tangsel tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar Rp7,4 triliun atau 160,2 persen dari target," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangsel, Maulana Prayoga Utama, Minggu (4/2/2024).

Lebih lanjut, investasi yang melebihi target tersebut terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp1,2 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) senilai Rp6,2 triliun.

PMA dari sektor jasa, termasuk kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata, olahraga, dan lainnya, mencapai Rp288,4 miliar. Sektor perdagangan dan reparasi mencatat Rp227,1 miliar, sedangkan sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi mencapai Rp200 miliar.

"Sektor hotel dan restoran mencapai Rp187,4 miliar, sementara perumahan kawasan industri dan perkantoran mencapai Rp83,6 miliar," terangnya.

BACA JUGA:6 OPD di Tangsel Raih Penghargaan Kepatuhan Pelayanan Publik 2023 dari Ombudsman

PMDN, meliputi sektor jasa seperti kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata, olahraga, dan lainnya, mencapai Rp2,460 triliun. Sektor perumahan kawasan industri dan perkantoran mencatat Rp1,516 triliun, sedangkan sektor perdagangan dan reparasi mencapai Rp987 miliar.

"Sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi mencapai Rp314,6 miliar, sementara sektor konstruksi mencapai Rp307,5 miliar," tambahnya.

"Dominasi investasi Tangsel adalah sektor jasa lainnya seperti kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata, dan lainnya," ungkapnya.

Yoga juga menjelaskan bahwa data investor asing yang menanamkan modalnya di Tangsel berasal dari 10 negara pada tahun 2023. "Ada Singapura, Tiongkok, India, Hongkong, Jerman, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Belanda, dan Spanyol," katanya.

Ia berharap kesuksesan ini tidak membuat puas, melainkan menjadi pemicu peningkatan investasi di Tangsel, memberikan dampak positif pada perekonomian.

"Harapan kita adalah investasi membawa dampak positif untuk semua aspek, terutama pertumbuhan lapangan kerja dan perputaran ekonomi. Semoga terus bertambah," pungkas Yoga.

Kategori :

Terpopuler