Riset Bank Danamon dan Jakpat Ungkap Mayoritas Dana Pernikahan dari Rekening Bersama

Senin 05-02-2024,19:00 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - PT Bank Danamon Indonesia bersama Jakpat mengungkapkan hasil riset yang melibatkan 1.000 responden pada Januari 2024. Hasilnya, 61 persen responden menggunakan rekening bersama untuk dana pernikahan.

"Data tersebut menunjukkan bahwa mayoritas dana pernikahan berasal dari penghasilan bersama pasangan, sambil menekankan pentingnya tabungan dalam membiayai acara sakral," kata Consumer Segmentation Head Danamon, Meliani Chandra Biantoro, di Bridestory Market 2024 di ICE BSD Tangerang, beberapa waktu lalu.

Hasil riset juga mengungkapkan bahwa pasangan tidak hanya memperhatikan detail resepsi, tetapi juga persiapan pasca menikah, termasuk perencanaan bulan madu yang mencapai 42 persen.

Dari responden yang memperhatikan bulan madu, 81 persen ingin langsung berbulan madu setelah resepsi. "Data ini menegaskan pentingnya perencanaan keuangan yang matang, dari awal hingga setelah pernikahan," ujarnya.

Melihat fenomena ini, Bank Danamon menawarkan program "Dana-mau-nikah" atau "#Danamonikah" untuk nasabah berusia 25-35 tahun yang sedang mempersiapkan pernikahan, termasuk solusi kredit untuk membeli rumah.

BACA JUGA:Hukum Wanita yang Menolak Menikah dan Efek Psikologis yang Diterimanya

Presiden Bridestory, Ayunda Wardhani, menambahkan bahwa gelaran tahun 2024 mengusung tren pernikahan terbaru, yakni floral wonders. Event ini berlangsung mulai 1-4 Februari 2024.

Ada 420 booth vendor pernikahan yang menawarkan puluhan kategori, termasuk fotografi, venue, dekorasi, wedding organizer, perhiasan, undangan, katering, gaun, dan busana pengantin.

"Kami mengundang calon pengantin untuk melihat dan berdiskusi langsung dengan vendor yang mengusung tema tahun ini," katanya.

Kategori :

Terpopuler