Relawan Progresif dan Komunitas Pecinta Lingkungan Bersihkan APK di Jakarta Selatan

Senin 12-02-2024,08:40 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Relawan Progresif dan Komunitas Pecinta Lingkungan mengadakan aksi bersih-bersih alat peraga kampanye (APK) di Jakarta Selatan selama masa tenang Pemilu 2024. 

Menurut Direktur Nasional Progresif, Eka Sastra, aksi ini dilakukan sebagai respons terhadap banyaknya APK yang dipasang di tempat yang tidak semestinya, seperti pohon dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), yang dapat membahayakan orang dan lingkungan.

"Kami tergerak untuk membantu," katanya.

Aksi bersih-bersih APK ini merupakan kolaborasi positif antara masyarakat dan pemerintah, dengan dukungan dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Bawaslu DKI Jakarta.

Eka menjelaskan bahwa aksi bersih-bersih APK dilakukan dengan dua tujuan. Pertama, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama setelah masa kampanye yang penuh dengan APK.

BACA JUGA:KPU Ingatkan Pembersihan APK Tugas Peserta Pemilu

Kedua, untuk membantu meringankan beban Bawaslu dan Satpol PP DKI Jakarta dalam membersihkan APK.

Lebih dari sekadar membersihkan APK, aksi ini juga bertujuan untuk mengembalikan keindahan Ibu Kota Jakarta dan menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

"Kami ingin menunjukkan bahwa masyarakat juga bisa berkontribusi dalam menciptakan Pemilu 2024 yang bersih dan damai," katanya.

Sekretaris Humas Progresif, Andrian Wanabakti Cader, mengapresiasi semangat para relawan yang antusias dalam membersihkan APK.

Menurutnya, aksi ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan partisipasi aktif dalam menjaga keindahan kota.

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Tangerang Temukan 13.666 Pelanggaran APK Selama Operasi

"Mari bersama-sama jaga Jakarta agar tetap bersih dan asri," tuturnya.

Aksi bersih-bersih APK ini difokuskan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Gatot Subroto, serta jalan menuju arah Pancoran, area Blok M, dan sekitar MRT Asean.

Andrian menegaskan bahwa aksi ini merupakan contoh nyata kolaborasi positif antara masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang bersih, damai, dan ramah lingkungan.

Kategori :

Terpopuler