Jelang Pemilu 2024: Elektabilitas PDIP Turun hingga Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra

Selasa 11-04-2023,21:43 WIB
Reporter : Almeer al-Maliki
Editor : Almeer al-Maliki

Dengan bergabungnya PDIP-Gerindra, banyak pihak memprediksi kedua partai akan mengalami pergerakan elektabilitas yang panjang, ditambah dengan banyak partai yang diprediksi akan merapat dan opsi skenario pasangan capres-cawapres yang kian bertambah.

Baca Juga: Kagum dengan Potensi Destinasi Wisatanya, Sandiaga Uno Harapkan Event Berkelas di Malino

Sandiaga Uno pamit dari Gerindra: Kesempatan politik makin terbuka

Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno dipastikan akan hengkang dari Gerindra.

“Resminya tunggu saja, tetapi informasi saya sudah positif akan pindah,” kata Kamrussamad, Politikus Partai Gerindra ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 5 April 2023.

Sandiaga Uno diprediksi akan berlabuh ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Politikus Gerindra Kamrussamad mengaku kecenderungan partai yang dipilih Sandi adalah PPP.

Baca Juga: Prabowo Atur Waktu Bertemu Puan, Bahas Koalisi Besar

Sandiaga Uno sendiri memiliki elektabilitas yang cukup tinggi dan diprediksi dapat menambah tren elektabilitas partai jika ia memilih untuk hengkang dari Gerindra dan bergabung dengan partai lain.

Dalam hasil survei nasional LSI periode 31 Maret hingga 4 April 2023, Sandiaga Uno menempati posisi dua besar dengan perolehan sebesar 18,9 persen, hanya kalah dari Ridwan Kamil dengan perolehan sebesar 19,6 persen di posisi pertama pada tren pilihan politik calon wakil presiden 2024.

Sandiaga Uno sendiri mengaku bahwa jika ada undangan partai lain, seperti PPP ataupun PKS, ia akan mempertimbangkannya dengan alasan yakni pemilu adalah tahapan demokrasi yang seharusnya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Saya berdasarkan dengan pedoman yang selalu saya yakini bahwa komunikasi politik itu selalu terbuka," kata Sandiaga Uno ketika menyambangi Ponpes Al-Washilah di Kembangan, Jakarta Barat, Minggu, 9 April 2023.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler