4 Manfaat Konsumsi Kangkung Bagi Kesehatan, No 2 Khasiatnya Luar Biasa

4 Manfaat Konsumsi Kangkung Bagi Kesehatan, No 2 Khasiatnya Luar Biasa

SIASAT.CO.ID - Manfaat kangkung itu sangat beragam. Tanaman kangkung memiliki batang yang halus dan berongga mirip dengan selada air, oleh karena itu disebut sebagai sayuran bertangkai berongga (Kung Shin Tsai) di Cina.

Sebagian besar kangkung dapat dimakan, biasanya pucuk dan daunnya yang biasa dikonsumsi karena manfaat nutrisinya. Dengan kelimpahan air, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan mineral penting lainnya, kangkung dapat dikonsumsi mentah atau dimasak loh.

Untuk membantu kamu mengetahui lebih banyak tentang kangkung dan banyak manfaatnya, siasat.co.id telah merangkum semua manfaatnya kangkung bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Viral TKW Beli Daster 200 Ribu Didenda Oknum Bea Cukai 9 Juta, Netizen: Lintah Darat Berseragam

Berikut ini 4 manfaat kangkung bagi tubuh, no 2 memiliki khasiatnya luar biasa.

  1. Mengurangi Kolesterol

Sayur kangkung itu bisa jadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami.

Penelitian yang diuji coba pada tikus telah membuktikan bahwa konsumsi kangkung telah mengakibatkan penurunan kadar kolesterol serta Triglikosida. Dengan demikian, sayuran ini memiliki peran utama dalam penurunan kadar kolesterol pada manusia.

  1. Pengobatan Penyakit Kuning dan Masalah Hati

Kangkung telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk pengobatan penyakit kuning dan masalah hati.

Dalam sebuah penelitian, menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kangkung itu memberi perlindungan terhadap kerusakan hati akibat bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi, sifat antioksidan dan penangkal radikal bebas.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat mengonsumsi kangkung ternyata ampuh mengurangi risiko penyakit kronis dan membantu mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Pasalnya, sayur kangkung kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel.

Baik itu kerusakan sel karena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke atau karena infeksi virus dan bakteri.

Baca juga: 5 Tips Membuat Rambut Agar Tetap Sehat dan Tidak Kering

  1. Menjaga kesehatan mata

Sumber: