Pengamat Blak-blakan Soal Kemungkinan Anies Gagal Jadi Capres: Dia Bisa Jadi Cawapres Prabowo

Pengamat Blak-blakan Soal Kemungkinan Anies Gagal Jadi Capres: Dia Bisa Jadi Cawapres Prabowo

SIASAT.CO.ID - Pengamat politik, Ujang Komarudin, blak-blakan soal kemungkinan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, gagal maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Menurutnya, hal itu bukan mustahil terjadi.

Selain itu, kata Ujang, kemungkinan lain yang bisa saja terjadi adalah Ketua Umum Partai Gerindra yang bakal berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai capres dan cawapres.

Ujang menuturkan, politik tidak membatasi kemungkinan apa pun bisa terjadi. Termasuk soal posisi Anies yang bakal bergeser menjadi cawapres untuk Prabowo.

“Di politik itu serba mungkin, hanya kan berapa besar persentasenya,” ujar Ujang kepada wartawan, dilansir Kamis, 4 Mei 2023.

Baca Juga: Makin Sering Nongkrong Bareng Parpol Pendukung Penguasa, Jokowi Ingin Jadikan Anies Tersangka Formula E?

Ujang juga menegaskan bahwa politik bisa mengubah status lawan menjadi kawan. Begitupun sebaliknya.

Adapun kemungkinan dari Ujang itu menyusul pertemuan antara Prabowo dengan Jusuf Kalla (JK) pada Selasa, 2 Mei 2023 lalu. Terlebih, Koalisi Perubahan yang mengusung Anies hingga kini belum juga memberikan kejelasan tentang pendamping untuk capresnya.

“Jadi, saya melihat bisa saja kalau Anies tidak bisa jadi capres. Gagal jadi capres misalkan di Koalisi Perubahan, lalu menjadi cawapresnya Prabowo itu mungkin-mungkin saja dalam politik,” ujar Ujang.

Menurut dia, politik selalu menghadirkan kejutan. Begitu juga pada 2024 ini, sangat sulit untuk ditebak.

Baca Juga: Pengamat: Kritikan Masyarakat ke Ganjar Harus Bersifat Substantif, bukan Bully

“Karena tadi, batasnya tipis, antara kawan dan lawan, begitu juga sebaliknya. Bisa hari ini jadi kawan, besok jadi lawan,” lanjutnya.

Dia mengatakan hal yang wajar jika Anies pada akhirnya berlabuh menjadi cawapres Prabowo.

“Ketika Anies gagal jadi capres, batal jadi capres, ya sesuatu yang tidak mungkin (jadi cawapres), daripada Anies tidak dapat apa apa, misalkan jadi cawapresnya Pak Prabowo,” tuturnya.

Prabowo sendiri, menurut Ujang, membutuhkan basis suara dari kalangan Islam yang saat ini ada pada Anies Baswedan.

Sumber: