CPNS 2023 Dibuka Kapan? Ini Jadwalnya Dan Syarat Yang Diperlukan

CPNS 2023 Dibuka Kapan? Ini Jadwalnya Dan Syarat Yang Diperlukan

JAKARTA, SIASAT.CO.ID – Pendaftaran CPNS bakal dibuka sebentar lagi berbarengan dengan perekrutan PPPK.

Kabar pendaftaran CPNS dan PPPK disampaikan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain menjawab antusiasme masyarakat, penerimaan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masing-masing instansi atau kementerian.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan seleksi calon aparatur sipil negara atau seleksi CASN 2023 akan dibuka untuk umum.

Baca Juga: Info Lengkap Seputar Pantarlih Pemilu 2024, Gaji Berapa, dan Tugasnya Apa, Simak Disini

Seleksi CASN yang terdiri dari seleksi CPNS 2023 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan mempriofitaskan tiga formasi, yakni tenaga kesehatan, pendidikan dan talenta digital.

“Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digital yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur SPBE. Formasi lain yang juga akan dibuka adalah hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya, kata Anas, Selasa 1 Februari 2023.

Prioritas pada talenta digital, kata Anas, merupakan wujud transformasi digital yang sedang dilakukan dalam membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Baca Juga: Ceramah Kalau Musik itu Haram, UAS Justru Pamer Bisa Nyanyi

Lebih lanjut, Anas menyampaikan saat ini instansi pemerintah dalam tahapan persiapan pengusulan formasi seleksi CASN.

Sekarang, semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah.

Kementerian PANRB berencana memulai proses seleksi pada pertengahan tahun, sebagaimana pelaksanaan pembukaan seleksi CPNS pada 2023 yang digelar pada Juni.

Mengacu pada PP (Peraturan Pemerintah) No. 11 Tahun 2017 Pasal 23 mengenai Manajemen Pegawai Negeri Sipil, adapun syarat CPNS secara umum adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Yakin Jadi Presiden, Anies Baswedan Diminta Sowan ke Habib Rizieq Shihab

Sumber: