Jangan Gunakan Kalimat Ini Kepada Orang yang Ingin Bunuh Diri

Jangan Gunakan Kalimat Ini Kepada Orang yang Ingin Bunuh Diri

SIASAT.CO.ID - Jika keluarga atau teman Anda mengatakan kalimat yang merujuk pada pikiran atau keinginan untuk bunuh diri. Anda mungkin akan bingung apa yang harus Anda katakan kepada mereka.

Namun salah satu cara seperti mengajak berbicara dengan seseorang dapat membantu untuk mencegah keinginan mereka untuk bunuh diri. Tentunya ini membutuhkan kalimat bicara yang tepat.

Seorang Psikiater sekaligus direktur Program Penelitian Gangguan Mood di Yale School of Medicine, Hilary Blumberg, MD, mengatakan bahwa kita perlu memberikan harapan dan juga validasi kepada mereka yang ingin bunuh diri.

Maka dari itu sangat penting untuk menghindari pesan apapun yang dapat meningkatkan rasa malu, rasa bersalah dan penilaian yang buruk kepada mereka.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang Coba Bunuh Diri Meski Terlihat Baik-Baik Saja

Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dikatakan kepada mereka yang berpikiran untuk bunuh diri menurut Dr. Hennessy:

  1. Banyak orang yang mengalami hal lebih buruk dari pada kamu

Kalimat ini sangat berbahaya untuk diucapkan karena dapat meningkatkan rasa malu dan rasa bersalah sehingga mengalami tekanan emosional yang meningkat dari sebelumnya.

Oleh karena itu sangat tidak rasional untuk membandingkan kondisi orang lain dengan mereka yang menurut Anda lebih buruk.

  1. Mengapa kamu bisa berpikiran tentang bunuh diri itu?

Mengajukan pertanyaan “mengapa kamu bisa berpikiran tentang bunuh diri?” sering kali dianggap sebagai kalimat yang memalukan oleh mereka.

Malu sebab merasa bahwa seharusnya mereka tidak mempunyai pikiran-pikirantersebut.

Baca Juga: 4 Tips Percaya Diri saat Berbicara Didepan Orang Banyak, Begini Caranya

Sehingga, kalimat tersebut justru akan membuat mereka selalu memikirkan keinginannya melakukan bunuh diri, dan merasa bersalah karena memiliki pikiran tersebut.

  1. Mengapa kamu sangat dramatis

Jika seseorang datang kepada Anda dan memberi tahu bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk melakukan bunuh diri, hal tersebut merupakan sesuatu yang harus ditanggapi dengan serius.

Karena akan sangat fatal akibatnya jika tanggapan yang diberikan adalah kalimat bahwa mereka terlalu dramatis.

Sumber: