Jangan Gunakan Kalimat Ini Kepada Orang yang Ingin Bunuh Diri

Jangan Gunakan Kalimat Ini Kepada Orang yang Ingin Bunuh Diri

Sebab Anda bukan orang yang mengerti bagaimana perasaan mereka yang sebenarnya. Sehingga melebeli emosi dengan kata dramatis justru akan meningkatkan perasaan bersalah mereka.

  1. Hal-hal yang terjadi tidak seburuk itu

Menurut dr. Hennessy ketika keluarga atau teman Anda ada yang berpikiran untuk bunuh diri, sebagian besar orang akan memberikan tanggapan bahwa masalah hidup mereka tidak seburuk itu.

Baca Juga: Arti Mimpi ke Pantai Benarkah Diri Harus Banyak Merenung? Simak Tafsirnya

Sehingga kalimat tersebut diharapkan mampu membawa mereka menuju perspektif yang lebih positif.

Namun, bagi mereka hal tersebut justru membuat mereka merasa kesepian dan beranggapan bahwa ternyata orang-orang tidak mampu memahami mereka dengan baik dan mereka merasa tidak didengar ketika mengungkapkan pikirannya untuk bunuh diri.

  1. Apakah kamu sudah mencoba untuk berolahraga atau mengganti aktivitas

Kalimat ini sering kali digunakan banyak orang dengan tujuan untuk memberikan rasa empati dan mencoba membantu menghilangkan rasa sakit yang dirasakan orang lain.

Namun, tahukah Anda bahwa seseorang yang mencoba mengungkapkan pikiran mereka untuk bunuh diri sebenarnya telah memikirkan hal tersebut cukup lama dan mencoba banyak solusi tetapi tetap tidak mampu memberikan hasil diinginkan.

Baca Juga: Arti Mimpi Melihat Meteor Jatuh, Benarkah Pertanda Diri Rapuh? Simak Tafsirnya

Lalu bagaimana cara menanggapi seseorang yang mengatakan bahwa dia memiliki pikiran untuk mengakhiri hidupnya?

Berikut ini 3 ungkapan tepat untuk diberikan kepada orang yang ingin bunuh diri menurut dr. Hennessy:

  1. Aku sangat senang kamu memberitahuku

Mengatakan rasa suka atas informasi yang diberikan menunjukan kepada mereka bahwa masih ada yang mampu memahami dan mendengarkan cerita mereka.

Sehingga dapat mengurangi rasa kesepian yang mereka miliki. Bahkan hanya dengan menjadi pendengar yang baik akan sangat membantu mereka mengurai keinginannya untuk bunuh diri.

  1. Kamu boleh bercerita lebih banyak lagi terkait perasaanmu

Sangat penting untuk mendorong mereka menceritakan pikiran dan perasaan yang sedang dialami, karena bisa saja mereka takut dan malu untuk bercerita lebih banyak sehingga perasaan yang sedang dirasakan tidak tersampaikan dengan baik. Ketika seseorang yang bunuh diri, maka pikiran dan perasaan mereka sering kali meluap-luap.

Sehingga mereka akan merasa jauh lebih didengarkan ketika memiliki seseorang yang dapat diajak bicara lebih dalam terkait perasaan mereka.

  1. Kamu tidak sendirian

Beri tahu bahwa mereka tidak sendirian ketika sedang merasa lemah dan tidak berdaya.

Sumber: