Kemendagri Gandeng Hanung Bramantyo Buat Film Dokudrama Jawara Desa dan Desa Para Pemimpi(n)

Kemendagri Gandeng Hanung Bramantyo Buat Film Dokudrama Jawara Desa dan Desa Para Pemimpi(n)

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca.--Foto: ANTARA/Instagram @zaskiadyamecca

SIASAT.CO.ID - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah bekerja sama dengan sutradara Hanung Bramantyo untuk menciptakan film dokumenter drama (dokudrama) yang menyoroti potensi Desa.

T. B. Chaerul Dwi Sapta, Direktur Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK, dan Posyandu Ditjen Bina Pemerintahan Desa, menjelaskan bahwa film tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Kemendagri dan Bank Dunia dalam Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

"Film ini mengangkat tentang leadership (kepemimpinan), entrepreneurship (kewirausahaan), serta potensi desa untuk menjaga urbanisasi dan penguatan perekonomian," kata Chaerul dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Rabu (29/11/2023).

Dalam catatan Kemendagri, terdapat 75.265 desa yang memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomiannya, serta mensejahterakan dan memajukan masyarakatnya.

Chaerul menjelaskan bahwa pembuatan film ini merupakan inisiatif dari Kemendagri untuk mencegah perpindahan penduduk desa ke kota atau urbanisasi secara besar-besaran.

BACA JUGA:Pengamat Dukung Program Prabowo-Gibran untuk Majukan Industri Kreatif

"Jika terjadi urbanisasi, desa akan ditinggalkan, sehingga ketahanan pangan tidak akan terjadi dan angka inflasi tinggi," katanya.

Diketahui, film dokudrama ini akan diberi judul "Jawara Desa" dan "Desa Para Pemimpi(n)".

Sumber: