Pesona Telaga Bintang di Puncak Bukit Karang Raja Ampat

Pesona Telaga Bintang di Puncak Bukit Karang Raja Ampat

Pengunjung berfoto di puncak bukit untuk menikmati pemandangan Telaga Bintang.--Foto: ANTARA/Sella Panduarsa Gareta

SIASAT.CO.ID - Indonesia memamerkan kekayaan alamnya yang tak tertandingi, dengan pemandangan yang menawan dari Barat hingga Timur Nusantara.

Salah satu daya tarik yang memukau adalah Telaga Bintang, terletak di Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Telaga ini dinamai "Bintang" karena dari ketinggian bukit, bentuknya mirip bintang yang terbentuk alami oleh gugusan bukit yang mengelilinginya.

Perjalanan menuju Telaga Bintang dilakukan dengan speed boat yang dapat disewa seharga Rp300.000. Sementara itu, wisata ke Telaga Bintang tidak dikenakan biaya.

Untuk mencapai puncak bukit dan menikmati panorama Telaga Bintang, para pengunjung harus memanjat bukit karang yang curam dan berbatu.

Jalur yang sempit dan terbatas di atas batu karang alami memerlukan kewaspadaan ekstra setiap langkah mendaki.

Para pengunjung perlu bersilang langkah saat bertemu dengan orang lain yang sedang menuruni bukit. Untuk pegangan, tanaman dan semak belukar di tepi batu karang bisa menjadi penopang, meskipun beberapa di antaranya mungkin rapuh.

Setelah mendaki sekitar 15-20 menit, para pengunjung akan dihadiahi dengan pesona Telaga Bintang yang unik. Ada dua titik foto di puncak bukit, namun setiap lokasi hanya cukup untuk satu orang. Oleh karena itu, pengunjung harus bergantian saat ingin berfoto.

Meski lelah dan melelahkan mendaki bukit karang, kelelahan itu terbayar lunas ketika menyaksikan Telaga Bintang yang bersatu dengan laut lepas Raja Ampat yang memikat.

Angin sepoi-sepoi di puncak bukit karang memberikan ketenangan dan kenyamanan. Semoga akan selalu ada alasan untuk kembali menikmati keindahan Telaga Bintang.

Sumber: