Begini Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur Atau Insomnia

Begini Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur Atau Insomnia

SIASAT.CO.ID - Insomnia atau gangguan susah tidur, bisa menyerang siapa saja. Kejala ini apabila berkelanjutan bisa menyebabkan kondisi tubuh menurun bahkan bisa menyebabkan sakit berkelanjutan.

Penyebab insomnia ada beragam, misalnya stres yang berlebihan, terlalu sibuk dengan pekerjaan, terlalu banyak makan pada malam hari, ataupun menggunakan gadget saat jam tidur tiba. Faktor-faktor tersebut bisa meningkatkan gejala insomnia.

Berikut Siasat menyajikan untuk kalian tips ataupun cara agar terhindar dari insomnia dan bisa tidur dengan cepat dan lelap:

  1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat bisa menjadi faktor utama dalam mengatasi insomnia. Pola hidup sehat yang bisa diterapkan antara lain; mengatur asupan makanan, mengurangi stres, dan olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari.

Beberapa olahraga yang bisa dipilih yaitu berenang, yoga, dan jogging. Dengan gaya hidup yang sehat, gangguan sulit tidur akan terhempas dan kalian bisa menikmati idur yang nyaman.

Baca Juga: Anies Baswedan Terpilih Jadi Perwakilan Capres dari Nasdem, Patrice Rio Capella: Ada yang Salah Hitung

  1. Menghindari Rokok Saat Hendak Tidur

Bagi anda yang perokok, ada baiknya Anda mulai mengurangi rokok saat hendak tertidur. Merokok saat jam tidur ternyata bisa menyebabkan susah tidur.

Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat membuat sulit tidur. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi susah tidur yaitu dengan tidak merokok menjelang tidur.

  1. Membuat Suasana Tidur yang Nyaman

Cara mengatasi susah tidur lainnya yaitu dengan membuat kamar tidur senyaman mungkin. Salah satu cara untuk menjaga kenyamanan di area kamar tidur yaitu dengan menerapkan sleep hygiene.

Cara untuk menerapkan sleep hygiene yaitu dengan memisahkan kamar dengan area belajar, bekerja, hingga area bemain atau nonton televisi.

Baca Juga: Kasus “Polisi Peras Polisi” Berbuntut Panjang, Komisi III DPR Berharap Polda Metro Bisa Segera Menyelesaikanya.

Tak hanya itu, sleep hygiene juga bisa diterapkan dengan mengatur suhu dan pencahayaan di kamar tidur.

Membuat kamar dengan nyaman juga bisa dilakukan dengan cara mengatur bantal dan kasur yang digunakan. Pastikan memilih kasur dan bantal yang lembut dan empuk.

  1. Atur Pernafasan Kalian

Untuk membantu tubuh rileks sebelum tidur, Anda dapat menerapkan metode 4-7-8. Metode 4-7-8 merupakan teknik pernapasan sederhana yang dapat memberikan ketenangan dan perasaan rileks.

Sumber: