Banjir Landa Lima Perumahan di Tangsel, 498 Kepala Keluarga Terdampak

Banjir Landa Lima Perumahan di Tangsel, 498 Kepala Keluarga Terdampak

BPBD Tangsele mencatat 498 kepala keluarga terdampak banjir di lima perumahan pada Rabu (6/12/2023).--Foto: IG @tangsel.life

SIASAT.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat 498 kepala keluarga terdampak banjir di lima perumahan pada Rabu (6/12/2023).

Kejadian ini dipicu oleh hujan lebat sejak siang hari. Akibatnya, beberapa titik perumahan terendam dengan ketinggian air mencapai 20-90 centimeter.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel, M Faridzal Gumay, menyebutkan bahwa wilayah yang terdampak meliputi Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI) di Pamulang Timur dan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang.

Di RW 04 BPI Pamulang Timur, 60 KK terdampak, sementara di RW 09 Pamulang Barat, 80 KK terkena banjir dengan ketinggian 30-70 sentimeter.

Rendaman air juga terjadi di Perumahan Lembah Pinus Pamulang Barat, di mana 98 KK terdampak dengan ketinggian banjir mencapai 20-40 sentimeter. Penyebab banjir di perumahan ini dikarenakan perbaikan tanggul kali yang membuat air meluap ke perumahan.

BACA JUGA:Pemkot Tangsel Rencanakan BUMD Bidang Perparkiran untuk Tingkatkan Efisiensi Pelayanan

“Saat ini, banjir berangsur-angsur surut, dengan ketinggian air sekitar 20 sentimeter," kata Faridzal.

Stand By dengan Perahu

Banjir juga melanda Perum Reni Jaya di Blok AC, RW 17, Kelurahan Pamulang Barat, dengan ketinggian air mencapai 30-50 sentimeter. Banjir ini merugikan 80 Kepala Keluarga (KK). Faktor penyebabnya adalah kontur perumahan yang rendah dan berada di tepi kali.

Sementara di Kelurahan Serua, Perumahan Rosewood Garden terdampak banjir dengan ketinggian air 35-50 sentimeter, akibat dari perbaikan tanggul yang berdampak pada 60 KK.

Perum Pamulang Asri 2 di RW 09, Kelurahan Serua Indah, juga tergenang banjir dengan 120 KK terkena dampak, ketinggian air mencapai 40-80 sentimeter karena saluran drainase yang buruk.

“Kami kerahkan perahu stand by di BPI Pamulang Timur dan Puri Asri 2 Serua Indah," kata Faridzal.

Sumber: